Vitamin B Baik Untuk Jantung

Vitamin B kompleks menawarkan begitu banyak manfaat bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan jantung. Dua jenis vitamin B kompleks yang sangat penting bagi jantung adalah vitamin B1 dan B2. Karena pentingnya kedua vitamin ini, mungkin kekurangan asupan dapat menyebabkan gangguan pada gagal jantung.

Bagaimana vitamin B1 dan B2 mempengaruhi kesehatan jantung dan apakah sulit untuk menemukan sumber vitamin B kompleks dari makanan yang Anda makan?

Manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan jantung
Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 ​​(piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin) ). Setiap vitamin B memiliki manfaatnya, tetapi secara umum semuanya berperan dalam kesehatan sel, sistem saraf, jantung, otot, dan banyak lagi.

Vitamin B Baik Untuk Jantung

Vitamin B1, B2, B6, B9 dan B12 adalah vitamin B paling kompleks yang diperlukan untuk kesehatan jantung. Berbagai vitamin ini melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung, stroke, dan berbagai gangguan jantung dan sistem sirkulasi lainnya.

Namun, vitamin B1 dan B2 tampaknya memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah timbulnya gagal jantung. Penjelasan berikut

1. Vitamin B1 (tiamin)
Tiamin bekerja dengan membantu produksi neurotransmitter asetilkolin. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang mengirimkan sinyal ke sistem saraf. Pada persarafan jantung, asetilkolin mentransmisikan sinyal antara saraf dan otot jantung sehingga jantung selalu berfungsi dengan baik.

Kurangnya asupan vitamin B kompleks sangat berpengaruh bagi kesehatan jantung. Detak jantung menjadi tidak teratur untuk secara bertahap mengganggu fungsi jantung dan mengganggu kesehatan. Satu studi juga menunjukkan bahwa sebanyak 33% dari 100 pasien dengan gagal jantung kronis sebenarnya mengalami kekurangan asupan vitamin B1.

Selain itu, kurangnya asupan vitamin juga dapat menyebabkan beri-beri. Dampaknya adalah pembesaran jantung, akumulasi cairan di kaki, peningkatan tekanan vena, kerusakan saraf dan gagal jantung kongestif. Gagal jantung kongestif terjadi ketika jantung tidak mampu memompa cukup darah ke semua organ tubuh. Akibatnya, darah menumpuk di jantung atau di jalur aliran darah.

2. Vitamin B2 (riboflavin)
Tingginya jumlah homocysteine ​​plasma dalam tubuh dapat menyebabkan hipertensi. Pada orang dengan penyakit jantung koroner, hipertensi akan memperburuk masalah jantung. Itu sebabnya Anda membutuhkan riboflavin. Karena vitamin B kompleks bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan mengurangi risiko hipertensi.

Meskipun kasus kekurangan vitamin B2 relatif jarang, pengaruhnya dapat memengaruhi berbagai sistem tubuh. Gejala akibat kekurangan vitamin ini adalah gangguan kulit, hiperemia (kelebihan darah), penumpukan cairan di mulut dan tenggorokan, masalah sistem reproduksi dan gangguan hati dan sistem saraf.

Studi lain telah menemukan bahwa kurangnya asupan vitamin B2 selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, termasuk kelainan pada saluran jantung. Untuk wanita hamil, kondisi ini dapat menyebabkan masalah tekanan darah yang disebut preeklampsia. Wanita yang memiliki preeklampsia 3-4 kali lebih mungkin terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Sumber vitamin B1 dan B2 yang baik untuk menjaga jantung
Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin B atau menyimpannya dalam jumlah besar. Kebutuhan akan vitamin B1 dan B2 per hari antara pria dan wanita berbeda.

Untuk pria kebutuhan harian vitamin B1 adalah 1,2 mg dan B2 adalah 1,3 mg. Sementara pada wanita kebutuhan harian vitamin B1 dan B2 adalah 1,1 mg. Inilah sebabnya mengapa asupan vitamin B untuk jantung harus diperoleh dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Anda bisa mendapatkan asupan B1 dan B2 dari sumber alami terbaik seperti:

Biji-bijian utuh dan kacang-kacangan: beras putih, beras merah, kacang hitam, kacang-kacangan, kacang almond, biji bunga matahari, oatmeal dan quinoa.
Ikan dan makanan laut: tuna, kakap, kerang, tiram, salmon, dan cod.
Daging dan organ: daging sapi, ayam, dan hati sapi.
Produk susu: susu segar, yogurt, dan keju cheddar.
Sumber tanaman lainnya: apel dengan kulit, bayam dan jamur.
Selain bahan alami, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari vitamin B kompleks untuk kesehatan jantung dari makanan dan minuman yang telah diperkaya dengan kedua vitamin ini. Makanan-makanan ini umumnya dalam bentuk tepung, sereal, makanan pokok atau roti. Sedangkan minuman yang telah diperkaya dengan vitamin B kompleks umumnya berupa minuman yang mengandung susu.

Baca juga :