Jenis Perusahaan

Tips guna Menggali Potensi Anak yang Pendiam

Tips guna Menggali Potensi Anak yang Pendiam

Sebagai orang tua, telah seharusnya kita mengenali dan mengetahui bagaimana jati diri sang buah hati. Apalagi, tidak jarang kali anak yang pendiam di anggap sebelah mata. Namun, Ayah Bunda tidak butuh khawatir sebab masih tetap dapat membantu mereka untuk mencari potensi supaya lebih berkembang. Bagaimana caranya? Berikut cara-cara mencari potensi anak pendiam yang dapat dilakukan semua orang tua:

1. Hindari Memberi Julukan yang Tidak Baik Pada Anak

Salah satu contohnya merupakan, “susah banget sih bicara, inginkan jadi orang bisu?” Hindari mengatakan urusan itu pada anak. Apabila anak yang pendiam diserahkan julukan yang tidak cukup baik, dia bakal merasa tidak cukup nyaman dan memblokir hatinya lebih dalam. Hal ini membuatnya semakin tidak cukup percaya diri.

2. Tunjukkan Pada Anak Bahwa kita Menyayanginya

Sebagai orang tua, telah sepantasnya Anda mengindikasikan betapa besar rasa sayang kita pada sang buah hati. Contoh sederhananya ialah dengan menyokong setiap keinginannya, meskipun mereka tidak cukup terbuka pada masing-masing masalah yang dialami.

Jangan pernah memaksakan anak untuk mengisahkan masalahnya pada Anda. Sebab, yang terpenting di sini ialah Anda sudah berkata kepadanya. Ini ialah sebuah indikasi bahwa kita benar-benar menyayangi dan memperhatikannya.

3. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Anak kita sensitif dengan cahaya, suara berisik, dan perasaan tak nyaman masing-masing berada dalam kondisi yang baru? Kalau iya, ini dapat jadi tanda bahwa si kecil ialah anak bunga anggrek (orchid child). Seperti yang dikutip dari workingmother.com, istilah ini mengacu pada anak-anak yang memerlukan lingkungan yang tepat guna tumbuh dengan baik, laksana bunga anggrek.

Ciptakanlah ruangan yang nyaman supaya sang buah hati dapat beraktivitas dengan baik. Mungkin Anda dapat mulai dari urusan yang sangat kecil, laksana mendesain kamar yang nyaman guna belajar atau melakukan kegiatan lainnya.

4. Semangati Anak Dalam Mencoba Hal Baru

Anak yang pendiam terkadang merasa tak mau untuk mengupayakan hal baru. Sebenarnya, terdapat perasaan yang tidak jarang kali menekannya untuk terbit dari zona nyaman. Peranan kita sebagai orang tua ialah terus menyemangatinya untuk mengupayakan sesuatu yang baru atau urusan yang ia minati. Namun, hindari memaksanya sebab akan membuatnya merasa tak nyaman.

Sumber : http://www.pennfoster.edu/urm.aspx?source=Q346161&url=https://www.pelajaran.co.id