Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik

Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik

a.       Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik Dengan Mata Pelajaran
1)      Semua guru yang mengajar di kelas 1-3, yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani, maupun guru muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal pelajaran.
2)      Menyusun jadwal pelajaran dengan menggunakan tabel yang berisi mata pelajaran dan jam mata pelajaran.
3)      Semua guru bermusyawarah menentukan tema. Sebaiknya musyawarah guru dilakukan setiap minggu. Guru juga perlu menentukan satu tema digunakan untuk berapa minggu.
b.      Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik Secara Terintegrasi
1)      Semua guru yang mengajar di kelas 1-3, yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani maupun guru muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal pelajaran.
2)      Sebelum dimulai tahun ajaran baru, semua guru bermusyawarah untuk menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik dalam satu tahun.
3)      Menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik yang disesuaikan pada momen-momen tertentu, seperti tema “Pengorbanan” di sekitar tanggal 8 Dzulhijjah atau tema “Perang Gajah” di sekitar bulan maulid Nabi Muhammad SAW.
4)      Sebaiknya madrasah atau sekolah memiliki jadwal dengan nama mata pelajaran sebagai panduan guru untuk memahami jumlah jam untuk setiap mata pelajaran, seperti jumlah jam mata pelajaran Matematika adalah 8 jam dalam seminggu.
5)      Sebaiknya setiap minggu semua guru kelas 1-3 bermusyawarah untuk mendiskusikan kemungkinan ada perubahan tema.

Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik

Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik

a.       Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik Dengan Mata Pelajaran
1)      Semua guru yang mengajar di kelas 1-3, yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani, maupun guru muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal pelajaran.
2)      Menyusun jadwal pelajaran dengan menggunakan tabel yang berisi mata pelajaran dan jam mata pelajaran.
3)      Semua guru bermusyawarah menentukan tema. Sebaiknya musyawarah guru dilakukan setiap minggu. Guru juga perlu menentukan satu tema digunakan untuk berapa minggu.
b.      Teknik Merancang Jadwal Pelajaran Tematik Secara Terintegrasi
1)      Semua guru yang mengajar di kelas 1-3, yaitu baik guru kelas, mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani maupun guru muatan lokal perlu bersama-sama menyusun jadwal pelajaran.
2)      Sebelum dimulai tahun ajaran baru, semua guru bermusyawarah untuk menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik dalam satu tahun.
3)      Menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik yang disesuaikan pada momen-momen tertentu, seperti tema “Pengorbanan” di sekitar tanggal 8 Dzulhijjah atau tema “Perang Gajah” di sekitar bulan maulid Nabi Muhammad SAW.
4)      Sebaiknya madrasah atau sekolah memiliki jadwal dengan nama mata pelajaran sebagai panduan guru untuk memahami jumlah jam untuk setiap mata pelajaran, seperti jumlah jam mata pelajaran Matematika adalah 8 jam dalam seminggu.
5)      Sebaiknya setiap minggu semua guru kelas 1-3 bermusyawarah untuk mendiskusikan kemungkinan ada perubahan tema.

Comments are closed.

Comments are closed.