Tekan Penyebaran Virus Mers Lakukan PHBS

Tekan Penyebaran Virus Mers Lakukan PHBS

Tekan Penyebaran Virus Mers Lakukan PHBS

Tekan Penyebaran Virus Mers Lakukan PHBS

Tekan Penyebaran Virus Mers Lakukan PHBS

BANDUNG-Dinas Kesehatan Kota Bandung meminta kepada masyarakat

Bandung yang akan melaksanakan ibadah Umroh untuk mewaspadai kemungkinan terserang virus mers.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Achyani Raksanegara, kewaspadaan perlu di tingkatkan bagi masyarakat yang akan Umroh mengingat penyebaran virus tersebut hingga saat ini terus terjadi ke beberapa Negara.

“Kendati belum ditemukan menyebarnya virus mers di Bandung, kita meminta masyarakat yang akan menjalankan Ibadah Umrah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus yang ditularkan melalui hewan unta itu,” ucapnya.

Achyani menyarankan kepada masyarakat yang akan ke tanah suci

untuk meningkatkan daya tubuh serta asupan vitamin dan gizi yang cukup.

“Guna menekan penularan, selalu menggunakan masker, jangan terlalu banyak berhimpun dengan orang banyak serta jangan banyak menyentuh barang-barang atau tempat yang bukan milik pribadi,” katanya.

Achyani meminta kepada masyarakat yang akan berangkat umrah

atau mereka yang selalu kontak dengan orang asing untuk mengetahui gejala awal jika terserang virus mers. Seseorang yang terinpeksi virus mers yakni terserang flu dan batuk disertai sesak nafas. Itu karena, virus mers ditularkan melalui udara,” tuturnya.

Selain itu menurutnya, penularan terjadi ketika seseorang yang pernah bepergian atau ada kontak dengan orang yang pernah pergi tanah suci, kemudian terserang batuk disertai sesak nafas.

“JIka sudah merasa ada gejala seperti itu segera memeriksakan diri serta menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Kita juga meminta pengelola KBIH dan Puskesmas untuk sosialisasi tentang pencegahan dan meningkatkan kewaspadaan serta antisipasi terhadap penularan virus mers agar tidak semakin merebak,” pungkasnya

 

 

Baca Juga :