Sistem Organ Annelida

Sistem Organ Annelida

Sistem Organ Annelida

Sistem Peredaran Darah

Annelida memiliki sistem peredaran darah tertutup dan pada pembuluh darah mengandung hemoglobin, sehingga darah berwarna merah. Fungsi pembuluh darah annelid ialah menghantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Di bagian kulit terdapat sejumlah pembuluh darah kecil karena bernafas melalui kulit.

Sistem Pernafasan
Annelida dalam sistem pernafasan berlangsung di seluruh kulit permukaan tubuhnya, tetapi ada sumber yang menyatakan bahwa ada juga spesies yang melalui insang.

Sistem Pencernaan
Annelida memiliki sistem pencernaan lengkap yang terdiri dari mulut, faring, esophagus, usus dan anus.

Sistem Ekskresi
Annelida memiliki organ ekskresi berupa nefridia ( organ ekskresi yang merupakan saluran ), nefrostom ( corong bersilia dalam tubuh ) dan nefrotor ( pori tubuh tempat kotoran keluar ), setiap segmen memiliki organ ekskresinya masing-masing.

Sistem Reproduksi
Annelida memiliki sistem perkembangbiakan secara seksual. Satu Annelida memiliki 2 alat kelamin yaitu jantan dan betina ( hermafrodit ) tetapi reproduksi secara aseksual tetap membutuhkan dua individu yang akan mengatur dirinya sedimikian rupa sehingga bisa menularkan sperma. Lalu dari hasil sperma tersebut akan dilepas dari kepala cacing tinggal dan berkembang dalam tanah. Sebagian annelid bereproduksi secara aseksual dengan fragmentasi diikuti dengan regenerasi.


Baca Juga :

Comments are closed.