Seri Revolusi Dunia: Revolusi Amerika

Seri Revolusi Dunia: Revolusi Amerika

kamu dulu dengar nggak kalau orang-orang lagi demo, kadang kala ada yang teriak “Revolusi!”? Menurut KBBI, revolusi itu berarti “Perubahan ketatanegaraan secara mendasar yang dilakukan bersama tindak kekerasan”.

Dunia telah sangat sering mengalami namanya revolusi, namun ada lebih dari satu revolusi yang memberikan efek yang sangat signifikan. Revolusi itu bukan cuma mengubah ketatanegaraan suatu negara, namun termasuk mengubah histori di area lain dikarenakan menginspirasi.

Nah, di dalam episode pertama dari seri revolusi ini, yuk kita pelajari revolusi Amerika lebih-lebih dahulu!

Dulu, sewaktu pertama kali Amerika ditemukan, kerajaan-kerajaan di Eropa beradu untuk menjadi yang pertama duduki dan beroleh area strategis di Amerika. Ujungnya, hal ini berakhir dan diselesaikan bersama langkah perang. Adapun 3 kerajaan yang berlomba untuk menguasai daratan Amerika adalah Inggris, Spanyol, dan Perancis.

Tahun 1763, Inggris baru saja memenangi perang melawan Perancis. Peperangan ini dinamakan The Seven Year’s War. Hasil yang didapatkan Inggris dari perang ini adalah semua tanah dan koloni punya Perancis yang ada di tanah baru “Amerika”. Meskipun memenangi peperangan tersebut, Inggris termasuk mendapat efek buruk: terkurasnya kas pemerintahan.

Untuk menutup kas yang merugi, Inggris memberlakukan lebih dari satu ketentuan untuk menarik pajak dari koloni Inggris di Amerika. Kenapa? Karena terhadap pas itu, pemerintah Inggris beranggapan bahwa koloni mereka adalah masyarakat yang makmur. Soalnya, kan, mereka baru mendapat tambahan tanah dan harta sesudah menang perang melawan Perancis.

Masalahnya, koloni di Amerika menjadi kalau pajak itu sangat tinggi. Karena menjadi dirugikan, selanjutnya mereka, menjadi tahun 1765, melaksanakan protes. Di samping itu, rakyat koloni di Amerika menjadi ketentuan tersebut tidak berlaku dikarenakan tidak ada perwakilan rakyat koloni di parlemen Inggris yang sanggup memberikan nada dan panduan dari rakyat koloni.

Pada tahun 1773, masyarakat koloni yang frustasi atas kebijakan dan ketentuan Inggris mengadakan gerakan protes bernama “The Boston Tea Party”. Massa yang menyamar sebagai suku Indian, menyingkirkan teh yang selayaknya mereka beli dari kerajaan Inggris ke di dalam laut di pelabuhan kota Boston. Hal ini menyebabkan Inggris kudu mengambil alih tindakan tegas dan mencabut semua hak kepengurusan koloni secara independent terhadap tahun 1774.

Masyarakat koloni bereaksi dan menentang bersama menyebabkan pemerintahannya sendiri dan tunjukkan tidak serupa bersama Inggris. Hingga selanjutnya pecah perang skala besar pada 13 koloni Inggris penentang ketentuan (yang nantinya dapat dibantu oleh Perancis, Spanyol, dan Belanda) melawan tentara Kerajaan Inggris dibantu oleh pendukung dari koloni yang setia kepada kerajaan.

Pada tahun 1781 pihak Kerajaan Inggris tunjukkan menyerah dan, dua tahun kemudian, menandatangani nota perdamaian. Secara sah kemenangan ini memberikan kebebasan kepada pihak koloni Amerika untuk mengatur urusannya sendiri. Dengan ditandatanganinya nota perdamaian, maka tercapailah revolusi Amerika. Karena di dalam nota tersebut kerajaan Inggris mengakui kedaulatan 13 koloninya di Amerika sebagai negara yang berdiri sendiri.

Banyak banget ya nilainya. Kalau kamu tukerin uang sebanyak itu ke rupiah dan kamu beliin mie goreng, kamu dapat dapet kira-kira 91.162.500 bungkus mie goreng, lumayan lah buat traktir warga satu kabupaten.

Dampaknya Pada Dunia

Revolusi Amerika menjadi momentum yang menyadarkan dunia bahwa konstitusi kerajaan sanggup dilawan dan dihancurkan. Selain itu, pernyataan hak dan kesetaraan hak termasuk menyadarkan masyarakat dunia bahwa semua manusia adalah sama. Ini merupakan hal yang lumayan mendobrak kalau diamati dari pandangan terhadap tahun tersebut.

Revolusi di Amerika ini, meskipun tidak mendobrak tatanan masyarakat secara radikal layaknya yang dilakukan oleh revolusi Perancis, namun menjadi salah satu pergerakan yang nantinya dapat mempengaruhi terjadinya revolusi di Perancis.

Baca Juga :