Ruang Lingkup Ekonomi

Ruang Lingkup Ekonomi

Ruang Lingkup Ekonomi

Ruang Lingkup Ekonomi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas segala sesuatu tentang ruang lingkup ekonomi, mulai dari definisi, metodologi ekonomi, masalah pokok & sistem perekonomian. “Ekonomi” dan “Perekonomian” kata-kata ini mungkin tidak asing bagi para pembaca, baik itu secara lisan atau non-lisan. Ya, kata-kata itu tidak asing bagi kita karena dalam setiap siklus kehidupan tanpa kita sadari selalu berhubungan erat dengan ekonomi, tapi pernahkah anda berpikir apa arti / makna sesungguhnya dari ekonomi itu?. Sebenarnya arti ekonomi sudah kita pelajari semenjak kita duduk dibangku SMA, nah tujuan saya untuk menjelaskan / mereview kembali tentang ekonomi.

       Menurut pemikiran saya definisi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang transaksi jual beli terhadap barang / jasa baik itu dalam tahap produksi, distribusi maupun konsumsi. Selain definisi Ekonomi, ruang lingkup selanjutnya dari ekonomi akan kita bahas seperti berikut.

a.)   Metodelogi Ekonomi

      Ekonomi itu ilmu yang mengkombinasikan antara ilmu matematika, statistik, dan
teori ekonomi. Metode kuantitatif yaitu menggunakan uang sebagai
alat tukar dalam masyarakat atau adanya suatu pergerakan atau pergerakan uang.

b.)  Masalah Pokok Ekonomi

      Pokok permasalahan yang ada diekonomi ada tiga, yaitu: produksi, konsumsi dan distribusi.

  •   Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah

      kegunaan suatu benda.

  • Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu

     benda.

  • Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada

     konsumen.

             c.)   Ada 4 sistem pereknomian yang ada di dunia yaitu :

  1. Sistem Ekonomi Tradisional

Dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum. Dengan kata lain kegiatan ekonomi yaitu masalah apa dan berapa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi semuanya diatur oleh masyarakat. Pada umumnya, sistem perekonomian ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan.

  1. Sistem Ekonomi Terpusat

Pada sistem ekonomi ini, pemerintah bertindak sangat aktif, segala kebutuhan hidup termasuk keamanan dan pertahanan direncanakan oleh pemerintah secara terpusat. Pada umumnya sistem ekonomi terpusat ini diterapkan pada negara-negara yang menganut paham komunis. Namun karena kurang sesuai dengan aspirasi rakyat, akhir-akhir ini sudah ditinggalkan.

  1. Sistem Ekonomi Pasar

Siapa saja bebas memproduksi barang dan jasa, sehingga mendorong masyarakat untuk bekerja lebih giat dan efisien. Dengan demikian bagi produsen memungkinkan memperoleh laba sebesar-besarnya. Jika barang atau jasa dapat dipasarkan, pada akhirnya produsen akan menyesuaikan dengan keinginan dan daya beli konsumen. Salah satu ciri sistem ekonomi pasar adalah berlakunya persaingan secara bebas.

  1. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran pada umumnya ditetapkan pada negara-negara berkembang. Dalam sistem ini sektor swasta dan pemerintah sama-sama diakui. Sistem ekonomi campuran ini dasarnya merupakan perpaduan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar.

Sumber : https://filehippo.co.id/