Proses Verivikasi

Proses Verivikasi

Proses Verivikasi

 

Proses Verivikasi

Proses Verivikasi

Sasaran dari verifikasi (inspeksi dan walkthrough) adalah untuk menemukan kesalahan-kesalahan. Perlu diperhatikan bahwa moderator dan reviewer tidak berkepentingan untuk mengkoreksi atau membetulkan kesalahan-kealahan yang ditemukan. Tugas mereka hanya mencari dan menemukan kesalahan-kesalahan saja. Moderator dapat menggunakan suatu formulir untuk mencatat kesalahan-kesalahan yang ditemukan. Fprmulir ini disebut dengan agenda kesalahan (error log). Moderatormencatat semua kesalahan-kesalahan yang ditemukan di agenda ini beserta tingkat kesalahannya (kurang berarti, cukup signifikan, signifikan, cukup fatal atau fatal) sebagai berikut ini.

Setelah proses verifikasi ini selesai dilakukan dan bila ditemukan beberapa kesalahan, maka berikutnya harus diadakan pertemuan antara penulis dokumen dengan moderatoruntuk mendiskusikan tindak lanjut yang harus dilakukan. Tiap-tiap kesalahan harus didiskusikan. Waktu rencana penyelesaian koreksi kesalahan ini juga harus didiskusikan dan dicatat oleh moderator di error log.

Setelah semua kesalahan dibetulkan oleh penulis dokumen, maka penulis dokumen dan moderator mengadakan pertmuan kembali untuk mengkaji hasilnya. Jika moderatortelah menyetujui dan puas dengan semua hasil koreksi ini, maka proses verifikasi ini telah selesai. Moderaor dapat memberi tanda dikolom “Kontrol” pada error log untuk kesalahan-kesalahan yang telah dikoreksi dan telah disetujui oleh moderator. Jika moderator belum puas dengan hasil koreksi kesalahan ini, maka pembetulan kesalahan harus di ulangi kembali oleh penulis  dokumen atau mungkin proses vertifikasi  dimulai kembali dari awal. Jika ini dianggap perlu, maka reviewer haru dihubungi kembali dan proses vertifikasi diulang kembali.

Sumber : https://www.diigo.com/item/note/74×26/8ynw?k=9072c7a4088b191c804b344e4914fd0a