Pilih Toyota Rush TRD atau Daihatsu Terios R Deluxe?

Pertimbangan memilih antara Toyota Rush atau Daihatsu Terios pasti akan terjadi. Ini sama laksana menilai beli Avanza-Xenia, Calya-Sigra dan Agya-Ayla. Karena semuanya sama, saling bersaudara tercetus dari satu pabrik. Tercipta atas kolaborasi dua pabrikan raksasa Jepang yang dapat dibilang berhasil menguasai sekian banyak segmen mobil. Tapi bukan berarti benar-benar dentik, tentu ada pembedanya.

Umum dikenal, produk berlambang triple ellipses diplot lebih mahal. Daihatsu memang lebih murah namun punya varian bejibun. Kecenderungan sama terjadi pun pada Rush dan Terios. Terios mempunyai total 7 tipe, sementara Rush melulu 4 tipe. Menarik bila menyorot dua varian teratas saja Toyota Rush TRD dan Daihatsu Terios R Deluxe. Harga lain Rp 14 juta, namun kelengkapannya hampir tak tidak sedikit berbeda.

Harga Terios R Deluxe Rp 252,5 (MT) dan Rp 262,5 juta (AT). Sementara Toyota Rush TRD Manual Rp 266,55 juta, guna matik Rp 276,55 juta. Terios lebih murah bukan berarti minim fitur. Begitu pula sebaliknya, mahalnya Rush belum tentu layak dipilih. Bingung pilih yang mana? Kami tolong beri jawaban.

Membandingkan desain eksterior keduanya, pulang ke selera pribadi. Desain dasar identik, hanya dipisahkan dari rinci dan aksesori. Seperti biasa, Daihatsu menonjolkan aksen krom. Sebidang besar grille terisi sarat elemen itu. Tampilan Rush di sejumlah negara malah seperti Terios sini. Kalau Rush sengaja diciptakan sedikit dekorasi kinclong supaya aura gagah keluar. Jika kita pemuja berat TRD Sportivo, Rush pilihannya. Ditambah ornamen TRD beda yang menyiratkan hasil racikan divisi eksklusif performa itu.

Interior justeru sulit dibedakan. Logo brand di setir menjadi pengenal utama. Selebihnya, soal permainan warna. Detail yang tidak jarang luput, melulu Terios yang disediakan slot penyimpan kartu di dashboard. Seantero kabin dapat mengakomodasi sampai 7 orang dengan pantas. Mirip Avanza-Xenia, melulu sedikit lapang berkat dimensi membesar.

Saling berbagi jantung mekanis, berupa unit 2NR-VE 1,5-liter Dual VVT-i. Tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm bertugas menggerakkan roda belakang. Bisa lewat transmisi manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed. Konstruksi kaki McPherson Strut dan 5 link duduk di platform unibody atau semi-monokok yang terbukti tangguh.

Rush-Terios terbaru telah dilengkapi fitur keselamatan standar sesuai keperluan paling fundamental untuk pasar lokal. Ada ABS+EBD, immobilizer, bahkan terdapat Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA). Serta fitur kenyamanan double blower dan sistem hiburan monitor layar sentuh, sangat lumayan sebagai SUV 7-seater dengan memenuhi faedah utama mobil keluarga. Namun terdapat yang memungut pendekatan tidak banyak berbeda. Mengimbangi selisih harga yang besar, mesti terdapat bagian lebih menyeluruh dari Rush. Maka dipasang airbag samping dan tirai, sampai-sampai total terdapat 6 airbag. Belum lagi ketambahan seat belt warning di ketujuh titik. Semua penumpang wajib tidak jarang kali mengenakan sabuk pengamanan. Tidak cocok untuk yang masih malas gunakan sabuk pengaman di kursi belakang. Segitu besarnya perhatian tambahan Toyota terhadap keselamatan pemakai Rush. Sampai melebihi Fortuner yang harganya dua kali lipat lebih mahal.

Daihatsu merasa lumayan dengan memberi 2 airbag guna pengemudi dan penumpang depan. Namun terdapat kompensasi beda sebagai nilai plus. Tersedia Around View Monitor eksklusif tipe tertinggi R Deluxe. Ada kamera di grille, pintu belakang dan spion samping dengan lensa lebar yang mencakup sampai 180 derajat. Sehingga terbentuk sudut pandang 360 derajat sekeliling mobil. Sangat bermanfaat saat parkir di lokasi terbatas.

Perkembangan aftermarket kini memungkinkan Rush TRD pun dipasangi kamera sekeliling bodi itu. Menambah jumlah airbag justru nyaris mustahil. Ingin keselamatan maksimal guna sekeluarga, jelas ditawarkan oleh Rush TRD. Tapi siapa pun yang mau semua kantong udara tersebut mengembang. Sebagai tahapan preventif pasti amatlah bijak. Namun pun erat kaitannya dengan gimmick supaya Rush tersebut setingkat di atas Terios. Bila merasa tak perlu itu semua, Terios R Deluxe tetap layak dipinang. Rogohan kocek tak terlalu dalam, kita tetap menemukan rasa berkendara serupa.

Sumber : http://www.rohitab.com/discuss/user/99082-sevamobilbekas/

Comments are closed.