Pembuluh Limfatik Dalam Biologi

Pengertian Pembuluh Limfatik Dalam Biologi

Pengertian Pembuluh Limfatik Dalam Biologi – Pembuluh limfatik “pembuluh limfatik” adalah struktur tubular yang bertanggung jawab untuk transfer getah bening ke seluruh tubuh manusia, seperti pembuluh darah yang mentransmisikan darah.

Pembuluh ini adalah bagian penting dari sistem limfatik, yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan peredaran darah manusia, menyaring racun dan produk limbah dari sel somatik dan jaringan dan membantu dalam pengembangan molekul protein tertentu.

Penentuan pembuluh limfatik

Sistem limfatik memiliki siklus unilateral yang menggerakkan getah bening ke atas tubuh manusia dan mencakup dua jenis pembuluh: aferen dan eferen. Pembuluh aferen mirip dengan pembuluh darah dalam hal mengangkut cairan ke kelenjar getah bening, sementara pembuluh eferen terlihat seperti arteri, membawa getah bening disaring dari kelenjar getah bening.

Solusi yang melewati pembuluh yang disebut getah bening dimulai dalam aliran darah dalam bentuk plasma darah, dan kemudian berubah menjadi cairan yang dikenal sebagai cairan perantara atau di antara mereka.

Cairan ini bertanggung jawab untuk hormon, oksigen, dan berbagai nutrisi untuk sel di seluruh tubuh. Meninggalkan sel, mengolesinya, ambil saja sampahnya. Sekitar 90% dari cairan ini kemudian diperkenalkan kembali ke sistem peredaran darah, yang tetap berada dalam cairan getah bening interstitial.

Pembuluh Limfatik Dalam Biologi

Limfe memasuki sistem luminal melalui kapiler, yang disebut limfa, mereka sebanding dengan kapiler yang ditemukan dalam sistem sirkulasi, tetapi mereka memiliki lingkar yang lebih besar dan struktur yang unik,

yang berarti bahwa getah bening tidak dapat keluar dari kapal dengan cara yang sama seperti saat masuk. Kapiler limfatik akhirnya membentuk jaringan besar pembuluh kompleks, yang merupakan pembuluh limfatik.

Struktur pembuluh limfatik

Pembuluh ini juga merupakan struktur satu sisi, seperti pembuluh darah dalam sistem pembuluh darah, mereka memiliki katup yang mencegah keluarnya getah bening kembali.

Setelah melewati kapiler limfatik, cairan disuntikkan ke pembuluh limfatik aferen dan kemudian mengalir ke kelenjar getah bening, organ bundar kecil di seluruh tubuh.

Node yang menyaring limbah dari cairan yang disebut limfosit membunuh virus atau bakteri yang ditemukan di dalamnya. Aktivitas limfosit ini menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening ketika seseorang sakit, dan kondisi ini sering disebut “kelenjar bengkak.”

Setelah getah bening telah disaring oleh kelenjar getah bening di pembuluh eferen. Pembuluh limfatik ini digabungkan dalam kelompok besar, kadang-kadang disebut batang jugularis. Mereka mengeringkan cairan yang disaring di salah satu dari dua saluran limfatik, yang merupakan pembuluh limfatik yang sangat besar.

Saluran dada menyebar dari pembuluh-pembuluh ini di tubuh manusia dan bertanggung jawab untuk mengeringkan sebagian besar getah bening tubuh, sementara saluran getah bening kanan kecil hanya mengalirkan getah bening di sisi kanan tubuh.

Dan setelah saluran limfatik mengembang, cairan memasuki pembuluh darah, yang dikenal sebagai vena subklavia, yang diangkut kembali ke sistem peredaran darah.

Demikian, pembahasan tentang definisi pembuluh limfatik dalam biologi, saya harap, dengan ulasan ini dapat menambah pengetahuan dan pengetahuan Anda, terima kasih.

Lihat Juga :