Pengertian Masa Awal Pubertas (Remaja)

Pengertian Masa Awal Pubertas (Remaja)Pengertian Masa Awal Pubertas (Remaja)

Kata “remaja” berasal dari bahasa latin yaitu adolescere yang berarti to grow atau to grow maturity. Remaja didefenisikan sebagai masa peralihan dari kanak kanak menuju dewasa.

Menurut Papalia dan Olds (2001), masa remaja adalah masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang pada umumnya dimulai pada usia 12 atau 13 tahun dan berakhir pada usia akhir belasan tahun atau awal dua puluhan tahun.

Menurut Adams & Gullota (dalam Aaro, 1997), masa remaja meliputi usia antara 11 hingga 20 tahun. Sedangkan Hurlock (1990) membagi masa remaja menjadi masa remaja awal (13 hingga 16 atau 17 tahun) dan masa remaja akhir (16 atau 17 tahun hingga 18 tahun). Masa remaja awal dan akhir dibedakan oleh Hurlock karena pada masa remaja akhir individu telah mencapai transisi perkembangan yang lebih mendekati masa dewasa.

Psikolog G. Stanley Hall menyatakan bahwa “adolescence is time of storm and stress” (masa remaja adalah masa yang penuh dengan badai dan tekanan jiwa) yaitu masa dimana terjadi perubahan besar bukan hanya secara fisik tapi juga intlektual dan emosional yang dipengaruhi dan berpengaruh pada lingkungannya, sehingga menimbulkan konflik bagi yang bersangkutan dan lingkungannya. Berkaitan dengan hal ini Sigmund Freud dan Erik Erikson meyakini bahwa perkembangan pada masa remaja merupakan perkembangan yang penuh dengan konflik.

Sumber :

https://civitas.uns.ac.id/kasiono/jasa-penulis-artikel/

Comments are closed.