Pengertian karbohidrat

Karbohidrat adalah kelompok terkaya dari senyawa organik paling berlimpah di planet ini. Karbohidrat itu sendiri tersusun dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat digunakan dalam berbagai bentuk sebagai organisme, terutama sebagai bahan bakar (seperti glukosa), toko makanan (seperti pati pada tanaman, glikogen pada hewan, dll.) Dan bahan bangunan (selulosa pada hewan dan kitin hewan dan jamur, dll.) Saya akan memenuhi. Dalam proses fotosintesis, tanaman hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat.

Pengertian karbohidrat

Secara biokimia, karbohidrat adalah polyhydroxyl-aldehydes atau polyhydroxyl-keton, atau senyawa yang membentuk senyawa-senyawa ini setelah hidrolisis [2]. Karbohidrat mengandung gugus fungsional karbonil (seperti aldehida atau keton) dan banyak gugus hidroksil. Awalnya istilah karbohidrat digunakan dalam kelompok senyawa dengan rumus (CH 2 O) n. Ini adalah senyawa di mana n atom karbon tampaknya terhidrasi oleh n molekul air. Namun, formula ini tidak mengandung karbohidrat yang mengandung nitrogen, fosfor, atau belerang

Bentuk paling sederhana dari molekul karbohidrat terdiri dari satu molekul gula sederhana yang disebut monosakarida, seperti glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Banyak karbohidrat adalah polimer yang tersusun dari molekul gula yang tersusun dalam rantai panjang dan dapat bercabang, disebut polisakarida, seperti pati, chitin dan selulosa. Selain monosakarida dan polisakarida, ada juga disakarida (serangkaian dua monosakarida) dan oligosakarida (serangkaian beberapa monosakarida).

Berperan dalam biosfer

Fotosintesis, secara langsung atau tidak langsung, menyediakan makanan untuk hampir semua kehidupan di planet ini. Organisme nutrisi independen seperti tanaman hijau, bakteri, alga fotosintesis secara langsung menggunakan hasil fotosintesis. Di sisi lain, hampir semua heterotrof, termasuk manusia, sangat bergantung pada autotrof untuk mendapatkan makanan [4].

Selama proses fotosintesis, karbon dioksida dikonversi menjadi karbohidrat dan dapat digunakan untuk mensintesis zat organik lainnya. Karbohidrat yang dihasilkan oleh fotosintesis adalah tiga gula karbon yang disebut gliseraldehida 3-fosfat, Rozison (2009) menggambarkan komponen dasar senyawa lain yang langsung digunakan oleh autotrof, seperti glukosa, selulosa, pati, dll.
Berperan sebagai bahan bakar dan nutrisi
Kentang adalah salah satu makanan yang kaya karbohidrat.

Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar

yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Monosakarida, terutama glukosa, adalah nutrisi utama sel. Misalnya, dalam vertebrata, glukosa mengalir melalui aliran darah, sehingga tersedia untuk semua sel somatik. Sel-sel tubuh menyerap glukosa dan mengambil energi yang tersimpan dalam molekul dalam proses respirasi sel untuk menggerakkan sel-sel tubuh. Selain itu, tulang punggung karbon monosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul kecil organik lainnya termasuk asam amino dan asam lemak [1].

Sebagai nutrisi manusia, 1 gram karbohidrat memiliki nilai energi kalori 4 kalori. Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, kandungan karbohidrat umumnya cukup tinggi, yaitu antara 70 dan 80%. Bahan makanan karbohidrat ini, misalnya, sereal atau sereal (gandum dan beras), umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), dan gula [6].

Namun, kecernaan manusia terhadap karbohidrat tergantung pada sumbernya. Ini akan bervariasi antara 90% dan 98%. Serat mengurangi kecernaan karbohidrat hingga 85%. [7] Karena manusia tidak dapat mencerna selulosa, serat selulosa yang dikonsumsi manusia hanya melalui saluran pencernaan dan keluar bersama kotoran. Serat selulosa mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsang lendir yang membantu makanan untuk lancar melewati saluran pencernaan dan selulosa disebut bagian penting dari diet sehat. Contoh makanan yang sangat kaya serat selulosa adalah buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian [8].

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh [lihat], memainkan peran penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan dengan mengikat protein dan lemak. Membentuk struktur.

Sumber : https://rumusbilangan.com/