Palapa Ring Bantu Dorong Literasi Digital di Indonesia

Palapa Ring Bantu Dorong Literasi Digital di Indonesia

Palapa Ring Bantu Dorong Literasi Digital di Indonesia

Palapa Ring Bantu Dorong Literasi Digital di Indonesia

Pemerintah terus berupaya melakukan pemerataan ekonomi digital di seluruh pelosok Indonesia.

Pemerataan ekonomi ini dilakukan pemerintah atas jawaban dari permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Dirjen KemenKominfo bersama dengan Telkom dan Start up membahas terkait pemerataan digital di Indonesia. Dalam Literasi digital tersebut, Hal ini diklaim berkesinambungan dengan adanya ‘tol langit’ atau palapa ring yang belum lama diresmikan.

“Struktur sosial ekonomi masyarakat tidak hanya dibangun oleh media main stream tetapi juga dibangun dengan kemampuan online internet kita,” ujar Dirjen KemenKominfo dalam diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 pada Kamis (31/10).

Menurut Dirjen IKP, ke depan dengan banyaknya tol langit, akan banyak free wifi di mana-mana,

internet masuk ke pelosok-pelosok desa, sehingga Kemkominfo akan terus meningkatkan program literasi media online supaya jalan yang sudah dibuat tidak disalahgunakan.

“Terkait hal itu, yang ingin disampaikan adalah dengan basis konsep yang bagus, semua bisa mengakses teknologi internet. Digital ekonomi yang terbilang elitis, karena hanya bisa dirasakan di perkotaan, ke depan bisa juga dilakukan di desa-desa,” ujar Widodo.

Lebih lanjut, Widodo mengungkapkan dengan begitu bisa membangun ekonomi berbasis digital di pelosok-pelosok desa

. Berikutnya, bisa juga dikaitkan ke kelompok komunitas masyarakat untuk bersama-sama memaksimalkan penggunaan teknologi internet di wilayahnya masing-masing.

“Infrastruktur komunikasi terus ditingkatkan dengan harapan lebih mudah untuk konektifitas dan membangun struktur ekonomi sosial masyarakat,” ucap Widodo.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/

Comments are closed.