PAKAIAN ADAT LAMPUNG

  PAKAIAN ADAT LAMPUNG

Didalam adat yang diadat kan, maupun adat yang teradat, kebesaran suatu adat itu selalu bertumpu pada tiga hal, yaitu alat di lamban, alat dilapahan, alat dibadan, dari tumpuan tiga itu kita tahu betul, siapa seseorang menurut tata cara dan adat orang Lampung. Dari alat alat yang ada dirumahnya, dari alat alat yang digelar dalam perjalanan adatnya, dan dari alat alat yang melekat pada pakaiannya, tanpa orang lampung diberi tahu, dia akan tahu siapa seseorang itu, karena dari dulu suku bangsa Lampung sangat membanggakan simbol simbol. Simbol simbol kebesaran sebagai kebanggaan meraka, untuk tetap melestarikan suatu kebesaran yang telah dimulai sejak nenek moyang dari dahulu kala.  Pakaian adat Lampung Sekala Brak atau masyarakat adat saibatin mempunyai ketentuan-ketentuan pemakaiannya. Misalnya  pakaian yang boleh dipakai oleh pemimpin adat, para tetua adat, dan masyarakat biasa. Pemakaian pakaian adat merupakan kode etik, seseorang tidak sopan bilamana memakai pakaian adat yang bukan atau tidak sesuai dengan bentuk atau warna yang boleh dipakainya. Bagi seorang yang memakai pakaian tidak sesuai kedudukannya maka biasa disebut ” Busuk Huwak” yakni Makai Kawai Mak Dijenonganni, dan biasanya akan mengundang ” Upok Bujuk” atau cemoohan dari masyarakat yang lain.  Oleh karena itu masyarakat adat saibatin sangat menghormati tingkatan kedudukan beserta ketentuan adat yang melekat padanya.

Keindahan pakaian adat, baik oleh bentuknya maupun warna dan hiasan-hiasannya sangat menjadi perhatian sejak dahulu. Ditambah dengan pemakai alat perhiasan yang beraneka bentuk dan warna adalah untuk menciptakan keindahan yang sedap dipandang mata. Akan tetapi, Seperti diketahui bahwa pakaian yang diutamakan dalam adat saibatin adalah pakaian yang selaras dengan ajaran islam diantara menuntut norma kesopanan atau yang menutup aurat.

Penentuan bentuk dan warna pakaian adat untuk tiap tingkat kemasyarakatan pemakai, adalah suatu identitas yang telah dibakukan oleh masyarakat adat serta terus dilestarikan sejak zaman nenek moyang.

Sumber :

https://balikpapanstore.id/blackberry-motion-resmi-dirilis-ini-spesifikasinya/

Comments are closed.