Organel sel hewan lengkap beserta pengertian nya

Organel Sel hewan

 

Di mana diskusi ini lebih spesifik dan terperinci tentang organel sel hewan, kami masih membahas organel sel. Untuk membantu pemahaman, jangan lupa menambahkan gambar agar Anda tidak mudah bosan atau menikmati proses belajar.

Sel hewan adalah sejenis sel eukariotik yang membentuk organ setelah membentuk jaringan tubuh. Sel-sel hewan sangat berbeda dibandingkan dengan sel-sel tumbuhan. Sel tanaman memiliki dinding sel dan kloroplas, dan sel hewan tidak memiliki dinding sel. Ini jelas menunjukkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.
Organel sel hewan

Semua sel hewan tidak memiliki bentuk, ukuran, dan fungsi yang sama. Sel memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa sel ditutupi dengan dinding, tetapi yang lain tidak. Beberapa orang memiliki mantel yang licin. Namun, mekanisme seluler utamanya adalah sama, yaitu untuk membantu fungsi tubuh.

Beberapa sel hewan memiliki lapisan tebal di sekitar sel. Lapisan tebal ini disebut kapsul dan ditemukan dalam sel bakteri. Sebenarnya ada berbagai macam sel dalam tubuh manusia. Selain tubuh ini, ada zat lain selain makhluk hidup seperti kuku jari, rambut, gigi, dan tulang di 200 jenis sel. Semua bahan ini tersusun dari sel-sel mati.

Deskripsi:

Nukleolus
Inti sel
Ribosome
Vesikel
Retikulum endoplasma kasar
Golgi
Sitokuton
Retikulum endoplasma halus
Mitokondria
Vakuola
Sitoplasma
Lisosom
Centromosome
Membran plasma

Fungsi, struktur, gambar organel hewan

1. # membran sel organel sel

Membran sel adalah bagian terluar dari sel yang membungkus sel yang terdiri dari protein (lipoprotein) dan lipid (lipid). Membran sel mengatur intrusi mineral dan nutrisi ke dalam dan ke luar sel.

Sebagai pelindung sel
Mengatur intrusi nutrisi dan mineral
Saya menerima stimulasi dari luar
Di mana berbagai reaksi kimia terjadi

Organel Sel Hewan Sitoplasma

Sitoplasma adalah zat seperti cairan sel atau gel. Bagian cair dalam sel ini memiliki dua bentuk, fase sol (padatan) dan fase gel (cairan). Karena khusus untuk cairan yang terletak di nukleus disebut materi nuklir.

Sitoplasma terdiri dari protein dan air. Ketika konsentrasi kelembaban rendah menjadi padat dan lunak, biasanya disebut gel. Dan ketika konsentrasi air tinggi, biasanya disebut Sol. Sitoplasma terdiri dari 90% air, sehingga berfungsi sebagai pelarut.

Fungsi sitoplasma:

Tempat metabolisme sel terjadi
Asal sitokimia

Sumber : https://laelitm.com/