MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT PELOSOK

MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT PELOSOK

MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT PELOSOK

MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT PELOSOK

Akhir-akhir ini internet sangat banyak digunakan oleh masyarakat.

Internet tersebar luas diseluruh lapisan masyarakat diseluruh Indonesia.Meski tidak kita pungkiri bahwa kondisi jaringan data yang ada di Indonesia belum memadai. Seperti jaringan internet yang lambat dan juga sambungan yang sering putus pada jaringan. Kita tahu bahwa maju tidak nya suatu negara di lihat dari banyaknya masyarakat yang berperan aktif dalam informasi yaitu telematika. Pelanggan internet dicatat kurang lebih baru ada 600 ribuan , dengan jumlah pengguna kurang dari 2 juta penduduk.

 Pemerintah juga mengeluarkan program

GERAKAN NASIONAL TELEMATIKA (GENETIKA) yang di harapkan program ini bisa meningkatkan keingintahuan masyarakat akan pentingnya Informasi dan juga masyarakat mendapatkan pendidikan dan edukasi yang cukup terhadap Informasi. Pemerintah juga menggagas gerakan penghapusan buta internet untuk wilayah pelosok-pelosok negeri dapat meikmati Internet dengan murah dan cepat.

Apabila masyarakat khusus nya warga pelosok

mengetahui tentang bagaimana pemanfaatan informasi dan teknologi maka akan dapat diatasi berbagai masalah kemiskinan dan juga ketertinggalan daerah. Dengan pemanfaatan telematika maka rakyat kecil dapat membuat inovasi dan kreasi dari berbagai masalah yang timbul di daerah mereka. Seperti contoh dengan internet, para petani dengan cepat dapat mengetahui dan dapat menduplikasi tekonologi dan terobosan yang digunakan oleh para petani di negara lain, ataupun petani dari daerah lain di Indonesia. Dengan internet pula, para petani dapat langsung berinteraksi dengan pembeli, sehingga bisa mendapat untung lebih baik dan si pembeli bisa mendapat harga yang lebih mur
ah.

     Hal yang dapat dilakukan agar masyarakat lebih peduli

lagi terhadap pentingnya telamatika adalah dengan penyuluhan ke berbagai pelosok daerah tentang kebutuhan dan kepentingan akses informasi dan juga perhatian pemerintah terhadap daerah yang tertinggal sehingga kebutuhan telematika di setiap daerah dapat diatasi.