Mengenal Kodisi Geografis Dan Bentang Alam Jepang

Mengenal Kodisi Geografis Dan Bentang Alam Jepang

Mengenal Kodisi Geografis Dan Bentang Alam Jepang

Mengenal Kodisi Geografis Dan Bentang Alam Jepang

Mengenal Kodisi Geografis Dan Bentang Alam Jepang

Pasti Sudah Tidak Asing Dengan Jepang

Sobat geografi, pasti sudah tidak asing dengan Jepang kan, negara yang mempunyai julukan negeri matahari terbit atau negeri sakura. Negara ini dahulu pernah menjajah bangsa Indonesia selama kurang lebih 3,5 tahun. Nah, kali ini kita akan membahas kondisi geografis, bentang alam dan budaya Jepang (日本 Nippon/Nihon, nama resmi: 日本国 Nipponkoku/Nihonkoku).

Pengetahuan Umum Tentang Kondisi Geografis dan Bentang Alam Jepang

1. Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di sebelah timur daratan Asia dan di sebelah barat Samudra Pasifik.

Berikut batas-batas negara Jepang:
a.Batas utara : Laut Okhstosk.
b.Batas timur : Samudra Pasifik.
c.Batas selatan : L. Cina Timur dan L. Filiphina.
d.Batas barat : Laut Jepang dan Selat Korea.

2. Iklim Jepang terbagi atas enam zona iklim:

a. Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk.
b. Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn
c. Dataran tinggi tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas- musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.
d. Laut pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.
e. Samudera pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.
f. Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas.

3. Jepang terdiri dari 6852 pulau, dengan 4 buah pulau utama yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu.

4. Jepang memiliki topografi yang sangat terjal karena kepulauan ini terbentuk dari aktivitas vulkanis dan merupakan bagian dari rangkaian sirkum Pasifik.

5. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji ( 3776 m ) yang terletak di prefektur Shizuoka.

6. Titik terendah di Jepang adalah Hachirogata ( -4 m)

7. Sungai Shinano ( 367 km ) adalah sungai terpanjang di Jepang terletak di utara-tengah Honshu, mengalir ke Laut Jepang / Laut Timur. Umumnya sungai di Jepang pendek-pendek dan memiliki arus yang deras.

8. Danau Biwa ( 670 km2 ) merupakan danau terluas dan terbesar di Jepang yang terletak di dekat Kyoto.

9. Danau Kussharo di Taman Nasional Akan Hokkaido, dianggap sebagai danau paling jelas di dunia, memiliki transparansi dari 41 m

10. Jepang memiliki dataran yang sedikit dan kecil yaitu hanya mencakup sekitar 29% dari total luas wilayah. Sebagian besar dataran yang terletak di sepanjang pantai dan aluvial terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi diluvial, dan bukit-bukit rendah. Dataran yang terbesar adalah Dataran Kanto (wilayah Tokyo), sekitar 6.500 sq km, dataran yang lainnya adalah Kinai Plain (Osaka-Kyoto), Nobi (Nagoya), Echigo (utara-pusat Honshu), dan Sendai (Honshu timur laut). Terdapat empat dataran kecil di Hokkaido dan penduduk terkonsentrasi di daerah datar terbatas ini.

Budaya di Jepang

1. Hanami

Tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Selain itu, hanami juga berarti piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura.

2. Seppuku

Upacara untuk bunuh diri dan di luar Jepang lebih populer dengan istilah Harakiri. Ritual Seppuku biasanya memerlukan keterlibatan aktif paling tidak dua orang, satu yang mau bunuh diri dan satu lagi adalah pendampingnya (Kaishakunin) yang bertugas memenggal kepala orang yang melakukan Seppuku. Hanya saja, dalam pemenggalan itu leher yang dipenggal tidak boleh betul-betul putus, harus ada daging yang membuat kepala yang dipenggal tetap menempel pada tubuhnya.

3. Matsuri

diselenggarakan untuk mendoakan keberhasilan tangkapan ikan dan keberhasilan panen (beras, gandum, kacang, jawawut, jagung), kesuksesan dalam bisnis, kesembuhan dan kekebalan terhadap penyakit, keselamatan dari bencana, dan sebagai ucapan terima kasih setelah berhasil dalam menyelesaikan suatu tugas berat. Matsuri juga diadakan untuk merayakan tradisi yang berkaitan dengan pergantian musim atau mendoakan arwah tokoh terkenal.

Baca Juga :