MEDAN MAGENTIK

MEDAN MAGENTIK

Untuk memperkenalkan konsep medan magnetik secar waja, mrilah kita meninjau ulang peumusan kita mengenai interaksi listrik pada Bab 22, dimana kita diperkenalkan konesep medan listrik. Kita menyajikan kembali interaksi listrik dalam dua langkah.

  1. Sebuah distribusi muatan listrik yang diam meniptakan sebuah medan dalam ruang sekitarnya.
  2. Medan listrik itu mengarahkan sebuah gaya=q pada setiap muatan yang laian yang hadir dalam medan itu.

Kita dapat menjelaskan interaksi magnetik dengan cara yang serupa :

  1. Sebuah mutan yang bergerak atau sebuah arus menciptakan sebuah medan magnetik (magnetic field) dalam ruang sekitarnya (sebagai tambahan untuk medan listriknya).
  2. Medan magnetic itu mengarahkan sebuah gaya  pada setiap muatan yang bergerak atau arus yang hadir dalam medan itu.

Dalam bab ini akan dipusatka perhatian pada aspek kedua dari intersksi itu; Diberikan kehadiran magnetik, gaya apakah yang dikerahkannya pada muatan yang bergerak atau arus? Bab 29 kita akan kembali ke persoalan mengenai bagaimana medan megnetik diciptakan oleh muatan dan arus yang bergerak.

Serupa dengan medan listrik, medan magnetic adalah sebuah medan vector, yakni sebuah kuantitas vektor yang diasosiasikan dengan setiap titik dalam ruang. Kita akan menggunakan simbol  untuk medan magnetic. Disebarang posisi, arah  didefinisikan sebagai arah yang cenderung ditunjuk oleh kutub utara sebuah jarum kompas. Panah panaah dalam Gambar 28-3 menyarankan kerah medan magnetic bumi, untuk sebarang magnet, menunjuk ke luar dari kutub utaranya dan meunjuk ke dalam kutub selatannya.

Bagaimanakah ciri atau karakter dari gaya magnetik itu pada

https://sewamobilbali.co.id/tiny-guardians-apk/

Comments are closed.