Manajemen: Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Menurut Para Ahli

Manajemen: Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Menurut Para Ahli

Manajemen merupakan suatu seni yang selesaikan suatu pekerjaan lewat orang lain. Definisi Mary Parker Follet yang bermakna bahwa seorang manajer bertugas menyesuaikan dan mengarahkan orang lain untuk raih suatu tujuan organisasi. Ricky W. Griffin menafsirkan bahwa manajemen seperti suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan grup untuk raih tujuan secara efektif dan efesien.

Definisi Manajemen menurut para ahli:
Menurut Richard L.Daft (2002:8) “Manajemen merupakan pencapaian tujuan suatu grup dengan cara yang efektif dan efektif lewat perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.”
Menurut James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org) “Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya berasal dari anggota organisasi dan juga pemakaian sumua sumber daya yang ada terhadap organisasi untuk raih tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya”.
Menurut Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2) “Manajemen merupakan ilmu dan seni menyesuaikan suatu proses pemakaian sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efektif peranan raih suatu tujuan.”
Menurut T.Hani Handoko (2000:10) “Manajemen merupakan bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan raih tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan suatu fungsi-fungsi perencanaan, penelompokkan, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.”
Menurut Marry Parker Follet “Manajemen merupakan seni untuk melakukan suatu pekerjaan lewat orang lain”
Menurut Prof. Oie Liang Lee “Manajemen merupakan ilmu dan seni mengarahkan dan juga memonitor tenaga manusia dengan dukungan alat-alat untuk raih tujuan yang sudah ditetapkan”.
Menurut The Liang Gie, 1982 ”Manajemen merupakan unsur yang suatu kronologis perlakuan menjalankan anggota dan mengarahkan segenap sarana kerja supaya tujuan organisasi yang perihal amat akan tercapai.”
Menurut George R. Terry, 1994 ”Manajemen sebagai seni di dalam selesaikan pekerjaan lewat orang lain”. ”Manajemen adalah sebuah proses yang khas, yang terdiri berasal dari suatu tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, menjalankan dan pengawasan, yang dijalankan untuk pilih dan juga raih sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan lewat pemakaian sumber-sumber daya manusia dan juga sumber-sumber lain”.
Menurut Dr. Sp. Siagian di dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI” “Kemampuan atau suatu keterampilan untuk meraih suatu hasil di dalam rangka pencapaian tujuan lewat orang lain”
Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi di dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT“ Manajemen merupakan “Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di di dalam mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan”.

Tujuan Manajemen
Tujuan Manajemen selayaknya ditetapkan secara nyata, rasional, logis dan juga ideal yang didasarkan kepada fakta data, potensi tujuan dan juga kebolehan yang dimiliki dan terhitung tidak saling bertentangan dengan nilai sosial, moral, agama maupun keputusan pemerintah yang ada supaya tujuan suatu perusahaan yang sudah tetapkan sanggup berguna bagi penduduk dan cukup untuk sanggup dicapai yang menguntungkan seluruh pihak yang ada.

Menurut GR Terry tujuan manajemen merupakan suatu tujuan yang di idamkan oleh pihak yang perihal yang menggambarkan area atau skope yang jelas dan memberi wejangan kepada seorang manajer. Definisi tersebut meliputi 4 perihal pokok ialah:

Tujuan
Skope
Kepastian
Arah
Tujuan manajemen haruslah meliputi ke 4 perihal tersebut dengan perencancanaan mengenai kebijakan, strategi, prosedur, metode, sistem, aturan, intruksi dan yang lainya yang sanggup dijalankan di di dalam raih tujuan tersebut.

Pada landasannya, yang wajib ketahui ialah bahwa tiap-tiap sasaran ialah merupakan suatu perencanaan. Sasaran-sasaran suatu organisasi atau perusahaan sanggup nampak berasal dari Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) tiap-tiap organisasi. Tujuan manajemen sanggup ditinjau berasal dari berbagai sudut, apabila berdasarkan tipe, prioritas, jangka waktu, sifat, hierarki, bidan ataupun menurut jiwanya.

Prinsip Manajemen
Prinsip manajemen merupakan landasan atau pedoman kerja yang bersifat utama yang tidak sanggup diabaikan oleh tiap-tiap manajer/pimpinan. Dalam lapangan wajib diusahakan supaya prinsip-prinsip manajemen ini selayaknya tidak monoton, melainkan wajib fleksibel, ialah boleh saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Prinsip-prinsip manajemen terdiri atas :

Pembagian kerja yang berimbang
Dalam memberi tugas dan jenisnya kepada tiap-tiap anggota kerja, seorang pemimpin selayaknya bersifat adil, yaitu wajib bersikap mirip rata jangan membeda-bedakan dan memberi tambahan beban kerja yang sepadan dengan tugas masing-masing.
Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas Setiap anggota kerja atau karyawan selayaknya diberi wewenang sepenuhnya untuk melakukan pekerjaannya dengan baik dan mempertanggung jawabkannya kepada pimpinannya secara langsung.
Disiplin
Disiplin merupakan keharusan untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan bentuk pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya) berdasarkan rencana, keputusan dan waktu (waktu kerja) yang sudah ditetapkan.
Kesatuan perintah
Setiap tenaga kerja atau karyawan selayaknya cuma menerima satu bentuk perintah berasal dari seorang pimpinan segera (mandor/kepala seksi/kepala bagian), bukan berasal dari sebagian karyawan yang sama-sama merasa menjadi atasan para karyawan/tenaga kerja tersebut.
Kesatuan arah
Kegiatan selayaknya membawa tujuan yang mirip dan dipimpin oleh seorang pimpinan segera dan juga didasarkan terhadap rencana kerja yang mirip (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).

Jika komitmen ini tidak dijalankan maka akan timbul perpecahan satu diantara para kerabat kerja/karyawan. Karena ada yang diberi tugas yang banyak dan ada pula yang sedikit, padahal mereka punya kebolehan yang mirip manajemen adalah proses pencapaian tujuan lewat kerja orang lain. Dengan demikian bermakna di dalam manajemen terdapat sekurang-kurangnya 4 (empat) ciri, yaitu:

Ada tujuan yang hendak dicapai
Ada pemimpin (atasan)
Ada yang dipimpin (bawahan)
Ada kerja sama.

Demikianlah deskripsi mengenai Manajemen: Definisi, Para Ahli, Tujuan dan Prinsip Manajemen. Semoga bermanfaat!

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/download-contoh-surat-penawaran-harga-yang-benar/