macOS Big Sur: Dengan desain yang diperbarui, pengalaman perpesanan yang lebih baik, dan fokus pada privasi

macOS Big Sur: Dengan desain yang diperbarui, pengalaman perpesanan yang lebih baik, dan fokus pada privasi

 

macOS Big Sur Dengan desain yang diperbarui, pengalaman perpesanan yang lebih baik, dan fokus pada privasi

macOS Big Sur Dengan desain yang diperbarui, pengalaman perpesanan yang lebih baik, dan fokus pada privasi

Dalam upaya untuk membuat pengguna semua perangkatnya terasa akrab, di mana pun mereka berada, Apple telah meluncurkan WWDC pembaruan baru untuk sistem operasi macOS, yang disebut Big Sur. Upgrade akan menawarkan beberapa perubahan estetika dan peningkatan pada cara pengguna menangani komputernya, menjadikan pengalaman itu lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Desain yang diperbarui
Awalnya, Big Sur menawarkan desain baru yang membuatnya lebih mudah untuk menavigasi sistem, sambil memberikan lebih banyak alat kepada pengguna. Dari kurva jendela hingga palet warna, semuanya telah dirancang ulang, dan ikon-ikonnya telah ditingkatkan agar sesuai dengan ikon ekosistem Apple lainnya, dengan tetap mempertahankan identitas Mac mereka.

Tombol opsi dan manajemen muncul secara otomatis ketika pengguna membutuhkannya dan menghilang ketika tidak diperlukan lagi. Bilah opsi sekarang berisi Pusat Manajemen, yaitu akses cepat ke kontrol sistem. Pusat Pemberitahuan telah sepenuhnya dirancang ulang, berisi widget yang diperbarui dari berbagai ukuran dan lebih banyak cara untuk berinteraksi dengan pemberitahuan aplikasi.

Browser Safari yang lebih cepat dan lebih aman

Menurut Apple, Safari menawarkan pengalaman tercepat dengan konsumsi daya terendah yang tersedia saat ini, dengan JavaScript Engine-nya melampaui browser lain di Mac dan PC. Juga, situs dengan beban lalu lintas tertinggi rata-rata 50% lebih cepat di Safari daripada di browser paling populer, Google Chrome. Melalui Safari baru, pengguna dapat menyesuaikan beranda baru mereka dengan latar belakang pilihan dan bagian mereka seperti Daftar Bacaan dan tab iCloud.

Perusahaan juga akan menyediakan opsi Laporan Privasi, yang akan memungkinkan pengguna diberi informasi secara real time bagaimana Safari melindungi aktivitas mereka. Pengguna akan memiliki kontrol penuh, karena mereka akan dapat memilih kapan dan dengan situs mana ekstensi dapat bekerja. Akhirnya, Apple mencatat bahwa alat seperti melacak pelanggaran data pribadi tidak akan pernah mengungkapkan kata sandi pengguna, bahkan Apple sendiri.

macOS Big Sur

Pengalaman pesan baru
Dengan aplikasi perpesanan yang ditingkatkan, pengguna akan dapat menyematkan percakapan mereka yang paling penting sehingga mereka selalu berada di atas aplikasi. Selain itu, pencarian yang diperbarui mengatur hasil pencarian ke dalam tautan, foto, dan istilah lain yang relevan, selain hanya mencari teks, sehingga pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari.

Memoji juga datang ke macOS, karena aplikasi baru memungkinkan mereka untuk dibuat langsung dari komputer Mac. Pengguna juga dapat menghias pesan mereka dengan balon, confetti, dan lainnya. Fitur baru untuk obrolan grup memungkinkan pengguna untuk membalas seluruh grup, sementara mengetik nama satu orang akan mengirim pesan langsung ke masing-masing pengguna saja.

Berfokus pada privasi

MacOS Big Sur tampaknya melanjutkan tradisi macOS sebelum itu, tetap fokus untuk memastikan privasi penggunanya. Dengan sistem baru, yang terinspirasi oleh keterbacaan label makanan perusahaan, informasi rahasia akan dijelaskan secara rinci di Mac App Store untuk membantu pengguna memahaminya dengan benar.

Bahkan, informasi rahasia akan ditampilkan sebelum mengunduh aplikasi dan akan mencakup jenis data yang dapat dikumpulkan aplikasi, seperti penggunaan statistik, informasi kontak atau lokasi, dan pengguna akan diberitahukan sebelumnya jika data ini dapat dibagikan dan ke perusahaan lain.

MacOS Big Sur sudah tersedia sebagai beta pengembang untuk anggota Program Pengembang Apple, dengan uji

coba publik pertama diharapkan bulan depan. Versi final akan dirilis pada musim gugur tahun ini.

Baca Juga:

Comments are closed.