Macam Macam Diet Sehat

Salah satu aspek yang membuat seseorang beralih ke makanan sehat adalah salah satunya adalah kelebihan berat badan. Diet sehat juga merupakan cara paling umum untuk menurunkan berat badan. Nah, makanan sehat untuk diet seseorang cukup bervariasi, tergantung pada jenis diet yang akan dialami. Luncurkan bagian Sehat di Merdeka.com, mengikuti serangkaian diet sehat dan makanan yang dapat dipilih untuk menurunkan berat badan.


1. Diet Mayo

The Mayo Diet adalah diet yang diketahui mampu menurunkan berat badan dari 5 hingga 12 kilogram dengan membawa diet sehat yang tidak menggunakan garam sama sekali. Diet Mayo mempertahankan prinsip bahwa garam dapat mengikat cairan dan lemak tubuh sehingga dapat menyebabkan obesitas, jadi harus dihindari. Tidak hanya itu, diet mayo juga membutuhkan mengkonsumsi semua makanan sehat dengan cara direbus atau dikukus karena proses penggorengan membuat makanan tinggi lemak.


2. Diet Keto


Diet Keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Jika kita melakukan diet Keto, dalam makanan sehat kita seharusnya tidak ada karbohidrat seperti nasi, pasta, roti atau tepung, karena itu memicu kadar glukosa yang tinggi dalam darah. Sebaliknya, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi dan akan membuat tubuh kita dalam situasi yang disebut ketosis.

Makanan yang dikonsumsi untuk diet keto ini adalah telur, daging, ayam, ikan, keju dan lemak alami seperti minyak zaitun. Sayuran juga bisa dimasukkan untuk kebutuhan serat seperti sayuran hijau, mentimun dan jamur. Buah-buahan juga direkomendasikan untuk lemak seperti alpukat dan kelapa.

3. Diet Paleo

Diet Paleo berasal dari diet orang dahulu yang hanya mengandalkan produk alami dan proses memasak alami seperti dibakar, dikukus atau direbus agar hanya mengkonsumsi makanan sehat. Dalam diet Paleo disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak ikan segar, sayuran hijau dan zaitun yang merupakan menu utama makanan sehat pada diet paleo. Zaitun dianggap sebagai tanaman yang sangat sehat.


4. Diet Alkalin

Diet alkalin menganjurkan agar Anda mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan alkalinitas tinggi. Makanan tinggi basa akan membuat pH tubuh seimbang dan terkontrol sehingga Anda dapat menghindari berbagai masalah kesehatan termasuk obesitas.


5. Kombinasi makanan

Penggabungan Makanan juga merupakan diet yang diikuti oleh banyak orang saat ini. Prinsip diet sehat dari asosiasi makanan adalah Anda sebaiknya tidak mengonsumsi karbohidrat dan protein pada saat yang sama. Karena kedua hal ini sulit dicerna pada saat yang bersamaan.

Begitu juga sebaliknya dalam kombinasi makanan, ia diperbolehkan makan karbohidrat dengan sayuran atau sayuran dengan protein. Dalam makanan gabungan itu diperbolehkan untuk makan sebanyak yang Anda inginkan.

Baca Juga: