Latar Belakang Masalah

Latar Belakang Masalah

Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Dalam kehidupan bernegara, maka pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan atau pun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, utlilitas, dan lainnya. Berbagai gerakan reformasi publik (public reform) yang dialami negara-negara maju pada awal tahun 1990-an banyak diilhami oleh tekanan masyarakat akan perlunya peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah.

 Di Indonesia, upaya memperbaiki pelayanan sebenarnya juga telah sejak lama dilaksanakan oleh pemerintah, antara lain melalui Inpres No. 5 Tahun 1984 tentang Pedoman Penyederhanaan dan Pengendalian Perijinan di Bidang Usaha. Upaya ini dilanjutkan dengan Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 81/1993 tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum. Untuk lebih mendorong komitmen aparatur pemerintah terhadap peningkatan mutu pelayanan, maka telah diterbitkan pula Inpres No. 1 Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan Aparatur Pemerintah Kepada Masyarakat. Pada perkembangan terakhir telah diterbitkan pula Keputusan Menpan No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.Oleh karena saya membuat makalah ini dengan judul “Opini Publik tenteng Kinerja Pelayanan Publik” ,dan diharapkan agar kita lebih memahami tentang kinerja pelatan publik itu sendiri.

1.2.    Tujuan Penulisan

            Berdasarkan latar belakang di atas, penulis memiliki tujuan sebagai berikut.

  1.    Mengetahui kinerja birokrat dan kebijakan pelayanan publik dalam  pemerintah apakah sudah memenuhi standar.
  2.    Mengetahui tentang paradigma pelayanan publik.
  3.    Mengetahui tentang perubahan kualitas pelayanan publik pemerintah daerah.

1.3.        Rumusan Masalah

               Penulis mengambil masalah ini dengan rumusan masalah sebagai berikut.

  1. Bagaimana peranan dan kebijakan pelayanan publik dalam desentralisasi pemerintah daerah?
  2. Bagaimanakah paradigma pelayanan publik pemerintah daerah?
  3. Bagaimanakah kualitas pelayanan publik pemerintah daerah?

https://vds.co.id/guns-x-zombies-apk/

Comments are closed.