Kejahatan Komputer

Kejahatan Komputer

Kejahatan Komputer

Kejahatan Komputer

Kejahatan Komputer

Kejahatan terhadap komputer dapat menimbulkan ancaman karena merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab terhadap sekelompok kecil pengguna komputer dan seseorang dapat mengambil keuntungan di akibatkan tersebut.
Kejahatan komputer pada bidang hukum
Dalam sebuah pembukaan hukum mengatakan bahwa kejahatan kompuetr meliputi acces dari dokumen penting dalam komputer (Digunakan oleh pemerintah federal) atau pengoperasian.

Kejahatan Komputer Semakin Meningkat Karena Aplikasi bisnis berbasis TI dan jaringan komputer meningkat online banking, e-commerce, Electronic data Interchange (EDI). Desentralisasi server. Transisi dari single vendor ke multi vendor. Meningkatnya kemampuan pemakai (user). Kesulitan penegak hokum dan belum adanya ketentuan yang pasti. Semakin kompleksnya system yang digunakan, semakin besarnya source code program yang digunakan Berhubungan dengan internet.

4.      HACKER
Istilah-istilah seorang hacker penyusup Mundane tahu mengenai hacking tapi tidak mengetahui metode dan prosesnya. lamer (script kiddies) ; mencoba script-script yang pernah di buat oleh aktivis hacking, tapi tidak paham bagaimana cara membuatnya. wannabe paham sedikit metode hacking, dan sudah mulai berhasil menerobos sehingga berfalsafah ; HACK IS MY RELIGION
larva (newbie) hacker pemula, teknik hacking mulai dikuasai dengan baik, sering bereksperimen.
hacker aktivitas hacking sebagai profesi wizard hacker yang membuat komunitas pembelajaran di antara mereka guru master of the master hacker, lebih mengarah ke penciptaan “tools tools hacker” yang powerfull yang salah satunya dapat menunjang aktivitas hacking, namun lebih jadi tools pemrograman system yang umum.

Tahapan Hacker Beraksi

Tahap mencari tahu system komputer sasaran
Tahap penyusupan
Tahap penjelajahan
Tahap keluar dan menghilangkan jejak.

5.      SPAMMER
Apa itu Spammer ?
Spam adalah nama yang sering dikenal sebagai suatu email yang tidak diinginkan masuk ke dalam mailbox. Para spammer sebagai orang yang mengirimkan Spam biasanya menawarkan produk yang dijual atau informasi lain yang tidak berguna bagi penerimanya. Cara termudah untuk memasarkan suatu produk ke banyak orang adalah dengan mengirim email tersebut.

Mengapa kita dapat menerima Spam ?
Para spammer membuat database email dari mesin pencari situs web dan berita, meraka bahkan dapat membuat mesin pencari sendiri untuk meningkatkan efisiensi. Segera setelah alamat email anda dipublikasikan melalui situs web atau dalam newsgroup, email tersebut akan terindeks di dalam database para spammer.
Coba lakukan tes sederhana berikut ini: cari alamat email anda dalam situs Google: Jika ditemukan, maka semua sudah terlambat.
Suatu penelitian yang telah dilakukan di CERN yaitu European Council for Nuclear Research pada tahun 2003, sebuah alamat email baru yang ditampilkan di halaman situs Web CERN akan menerima Spam pertama setelah 41 hari. Sekali alamat email anda telah masuk dalam database Spammer, mustahil untuk berhasil menghapusnya !

Trik-trik para spammer
Suatu alamat email memiliki nilai lebih atau kurang, tergantung sejauh mana responsifnya. Jika para pammer mengetahui bahwa ada seseorang yang benar-benar membaca email Spam, selanjutnya alamat email tersebut memiliki nilai lebih. Untuk melakukan verivikasi bahwa ada seseorang yang sedang membaca email Spam, para spammer menggunakan berbagai macam trik, setiap trik memasukkan nilai ke dalam alamat email.
Sebuah email spam dibuat dalam format HTML (seperti halaman web) dapat memiliki gambar-gambar, yang datang dari situs para spammer, dengan tanda yang spesifik. Ketika seorang pengguna membuka email, gambar tersebut akan masuk dan menginformasikan ke situs para spammer bahwa alamat email tersebut benar-benar valid (ada), dan suka membaca email Spam.
Pada bagian akhir dari setiap email spam, anda dapat menemukan suatu link ‘Click here to unsubscribe’ atau ‘Click here to be removed’. Dengan mengklik pada link-link tersebut akan menginformasikan kepada para spammer: ‘’Ok, i’m a real human user and i read Spams, please send me more’.
Mengapa saya masih menerima Spam meskipun menggunakan filter pengaman ?
Meskipun pemutakhiran data Spam filters dilakukan dan ditingkatkan secara konstan, tetapi melawan Spam saat ini ibarat sebuah perang tanpa akhir, sama dengan menangani virus komputer. Setiap data Spam filter dapat diakali oleh Spam baru dengan sangat cepat

agaimana menghindari Spam ?
Cara terbaik untuk menghindari Spam adalah tidak mempublikasikan alamat email anda, tapi akibatnya adalah email anda menjadi tidak berguna.
Mempublikasikan alamat Email
Ketika anda memerlukan email untuk dicantumkan pada halaman web / situs web, maka saran yang baik adalah menggunakan image untuk menghindari proses indeks yang dilakukan oleh mesin pencari. CERN menyediakan suatu online tool di alamat:
http://mmmservices.web.cern.ch/mmmservices/AntiSpam/Offuscator.aspx
Jangan membuka/membaca (email) Spam
Jangan membuka (email) Spam, image/gambar yang terdapat di dalamnya akan memberitahu para Spammer bahwa email anda memang aktif dan anda sekarang sedang membacanya. Jika anda mengindahkan saran untuk tidak membaca (email) Spam, seperti pesan NEVER click on the unsubscribe or remove me link. Maka mengklik link tersebut akan secara eksplisit memberitahukan ke Spammer: “Saya memang pengguna email dan saya sudah membaca (email) Spam, tolong kirimkan saya (email) Spam lebih banyak lagi”.
Setiap kali menerima email teliti dan perhatikan baik-baik asal email (From) dan judul email (Subject) sebelum membuka/membaca isi email tersebut. Menggunakan anti-spam yang terpasang pada komputer anda tidak akan melindungi 100% dari Spam. Namun cukup untuk mengurangi jumlah Spam serangan dari para Spammer. (AW/Pusdatin)

Sumber : https://belinda-carlisle.com/