Kehidupan Masyarakat Kerajaan Kutai

Kehidupan Masyarakat Kerajaan Kutai

Kehidupan Masyarakat Kerajaan Kutai

Dalam Bidang Ekonomi

Kerajaan Kutai terletak di aliran Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, kehidupan ekonomi Kerajaan Kutai didukung oleh perdagangan dan pelayaran di sepanjang Sungai Mahakam. Dari sektor pertanian dijadikan sebagai bahan alami dalam menentukan kondisi perdagangan. Letak Kerajaan Kutai yang sangat strategis berada pada jalur pelayaran di Selat Makassar tersebut sangat berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi masyarakat khususnya bidang perdagangan.


Dalam Bidang Sosial

Prasasti-prasasti peninggalan Kerajaan Kutai menunjukkan bahwa masyarakat Kutai telah terpengaruh oleh peradaban India, terutama kalangan keluarga kerjaan. Pada dasarnya sebagian masyarakat Kutai menerima unsur budaya yang datang dari India. Meskipun begitu sebagian besar rakyat Kutai masih berpegang kepada kepercayaan warisan leluhurnya. Unsur-unsur budaya India yang masuk tersebut disesuaikan dengan tradisi bangsa Indonesia sendiri.


Dalam Bidang Budaya

Prasasti berbentuk Yupa yang merupakan ciri khas peninggalan kebudayaan Kerajaan Kutai penggunaan huruf Pallawa menunjukkan adanya pengaruh India Selatan dalam penulisan pada prasasti berbentuk Yupa tersebut. Perlu diingat bahwa Yupa merupakan bentuk kelanjutan dari kebudayaan asli nenek moyang bangsa Indonesia zaman Megalitikum. Yupa merupakan perkembangan dari bentuk menhir yang berfungsi sebagai tempat untuk memuja roh nenek moyang. Yupa diperkirakan sebagai tempat untuk mengikat korban yang akan dipersembahkan kepada pada para dewa.


Sumber: https://virtuco.co.id/ball-resurrection-apk/

Comments are closed.