Hakikat Sosiologi

Hakikat Sosiologi

Berikut ini adalah hakikat sosiologi, yaitu:
1. Sosiologi adalah suatu ilmu sosial dan bukan merupakan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu pengetahuan kerohanian
2. Sosiologi bukan merupakan disiplin yang normatif akan tetapi adalah suatu disiplin yang kategoris, artinya sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi dewasa ini dan bukan mengenai apa yang terjadi atau seharusnya terjadi.
3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang murni (pure science) dan bukan merupakan ilmu pengetahuan terapan atau terpakai (apllied science)
4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan merupakan ilmu pengetahuan yang konkrit
5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum
6. Sosiologi merupakan pengetahuan yang empiris dan rasional
7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum dan bukan merupakan ilmu pengetahuan yang khusus.
Hakikat Sosiologi

Jenis Dimensi pada Pendekatan Teori Sosial

 

Ada empat jenis dimensi dalam pendekatan teori sosial, yaitu :
1.  Dimensi kognitif
Dalam dimensi ini, ilmuwan sosial akan selalu berbicara mengenai teori social sebagai cara untuk membangun pengetahuan tentang dunia sosial. Di sini terletak epistemology yang membangun berbagai metodologi penelitian sosial.
2.  Dimensi afektif
Merupakan sebuah kondisi di mana teori yang dibangun memuat pengalaman dan perasaan dari teoretisi yang bersangkutan. Dimensi ini mempengaruhi keinginan untuk mengetahui (to know) dan menjadi benar (to be right) – kedua hal ini bertitik berat kepada kejadian tertentu dan realitas eksternal.
3.  Dimensi reflektif
Di sini, teori sosial harus menjadi bagian dari dunia sebagaimana ia menjadi cara untuk memahami dunia. Dengan kata lain, teori sosial harus mencerminkan apa yang terjadi di luar sana dan apa yang terjadi pada kita sebagai salah satu elemen dari sistem
sosial yang ada.
4. Dimensi normative
Dimensi ini yang memperluas dimensi ketiga yaitu dimensi reflektif. Dalam dimensi ini, teori sosial sepantasnya memuat secara implisit ataupun eksplisit tentang bagaimana seharusnya dunia yang direfleksikannya itu. Keempat dimensi ini membangun seluruh pendekatan dalam proses kostruksi teori-teori sosial yang ada.

sumber :

https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/my-tamagotchi-forever-apk/

Comments are closed.