Faktor Pendorong Perkembangan Perusahaan

 Faktor Pendorong Perkembangan Perusahaan Faktor Pendorong Perkembangan Perusahaan

      Adanya Permintaan merupakan dorongan pertama yang menyebabkan perusahaan dikembangkan. Dorongan Kedua adalah keinginan para pengusaha untuk mendapatkan Pendapatan dan Keuntungan dari kegiatan memproduksi barang dan jasa.

  1. Mewujudkan Barang Yang Akan Diminta Masyarakat

Dalam literature ekonomi, dan dalam diskusi yang dilakukan oleh ahli ekonomi selalu dibedakan dua cara untuk melakukan tukar-menukar: perekonomian barter dan perekonomian uang. Yang dimaksudkan dengan perekonomian barter adalah suatu perekonomian yang masih primitive di mana uang tidak digunakan dalam kegiatan jual beli. Dalam perekonomian ini perdangan dilakukan secara barter – yaitu barang yang dijual ditukar dengan barang lain. Pada masa ini perekonomian barter hamper tidak terdapat lagi di dunia ini.

Pada zaman modern ini berbagai Negara dapat digolongkan sebagai perekonomian uang – yaitu kegiatan jual beli dan tukar menukar dijalankan dengan menggunakan uang sebagai perantara. Dalam perekonomian uang perdagangan akan berkembang, karena penggunaan uang memudahkan perdagangan. Maman mempunyai uang dan ingin membeli beras. Dalam keadaan yang seperti ini, Maman dapat dengan mudah memperoleh beras yang diingininya dan menggunakan uang untuk membelinya. Dalam system barter kegiatan jual beli dan tukar menukar tidak akan berlaku seperti yang diterangkan. Misalkan Maman adalah penjahit dan mengahasilkan penjahit. Dalam system barter Maman harus mencari bukan tukang beras saja, tetapi pedagang beras yang sedang mencari pakaian. Tidak setiap pedagang pakaian bersedia menukar beras yang dimiliki Maman.

Implikasi penting dari perkembangan perekonomian uang adalah perkembangan dalam spesialisasi. Dalam perekonomian ini individu tidak perlu lagi menghasilkan semua barang yang dibutuhkannya. Yang perlu dilakukan adalah: bekerja untuk memperoleh pendapatan. Semakin besar pendapatan yang diterima masyarakat, semakin banyak pula barang yang dibutuhkan masyarakat. Dengan demikian, semakin maju perekonomian, semakin banyak pula perusahaan yang harus dikembangankan untuk menghasilkan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat

  1. Keinginan Untuk Memperoleh Untung

              Sebagai salah satu sifat perusahhan atau tujuan perusahaan yaitu meraih ke untungan, motivasi ini yang penting dalam sebuah perusahaan karena mempunyai peran yang sangat penting untuk menggembangkan sebuah berbagai kegiatan usaha produksi dalam perusahaan

              Setiap mendirikan perusahaan pasti di perlukan modal. Dalam setiap pengembangan perusahaan akan selalu di hadapkan dalam sebuah resiko, resiko merupakan suatu keadaan yang menekankan tentang kemungkinan bahwa di masa depan akan terjadi peristiwa yang berbeda dengan yang diramalkan. Keberanian mengambil resiko merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari usaha mengembangkan perusahaan.

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/abd.jalil/mahasiswa-ciptakan-mesin-pengering-kerupuk-hemat-energi/

Comments are closed.