FAKTOR FAKTOR PENYEBAB DALAM PENYALAHGUNAAN NARKOBA

FAKTOR FAKTOR PENYEBAB DALAM PENYALAHGUNAAN NARKOBA

FAKTOR FAKTOR PENYEBAB DALAM PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Faktor penyalahgunaan narkoba ini dibagi menjadi 2 macam, diantaranya yaitu :

1. FAKTOR INTERNAL

Yaitu faktor yang berasal dari dalam diri sendiri atau individu, seperti misalnya kepribadian, kecemasan, depresi, dan kurangnya religiulitas di dalam diri. Kebanyakan penyalahgunaan narkoba ini dilakukan oleh para remaja, karena di masa remaja seseorang biasanya sedang mengalami perubahan bilogis, psikologis, ataupun sosial yang pesat.

Yang di mana orang-orang yang masih remaja tersebut sangat rentan dalam penyalahgunaan narkoba tersebut, bahkan anak dengan ciri tertentu memiliki resiko yang lebih besar dalam penyalahgunaan narkoba tersebut.

2. FAKTOR EKSTERNAL

Yang merupakan faktor yang berasal dari diri seseorang atau individu, misalnya lingkungan seperti misalnya keberadaan zat, kondisi keluarga, lemahnya hukum dan pengaruh dari lingkungan tertentu.

Faktor tersebut di atas memang bukan menjadi faktor utama atau pasti, yang dapat membuat seseorang kelak melakukan penyalahgunaan narkoba tersebut. Tetapi semakin banyak contoh faktor diatas maka akan semakin besar juga kemungkinan orang tersebut, dalam menyalahgunakan narkoba. Hal ini harus dipelajari dari kasus demi kasus yang sudah ada.

Misalnya pada factor individu, lingkungan keluarga, dan teman sebaya atau pergaulan, biasanya tidak selalu sama besarnya sebagai peran dalam membuat seseorang menyalahgunakan narkoba. Misalnya saja karena factor dari pergaulan, maka seseorang yang hidup di keluarga yang harmonis dan bahagia bisa terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba yang berbahaya.


Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/peninsular-war-battles-apk/

Comments are closed.