Definisi Resensi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Definisi Ulasan Adalah

Apa itu auditor? Secara umum, definisi resensi adalah revisi singkat atau evaluasi karya, baik tertulis, dramatis atau sinematografi.

Pendapat lain menyatakan bahwa definisi reviewer adalah kegiatan yang membahas, mengevaluasi, mengkritik, atau mengungkapkan konten suatu karya dengan memberikan sinopsis, data dan kritik serta masukan untuk karya tersebut.

Secara etimologis, istilah “reviser” telah diadaptasi dari “resentia” Belanda dan dari bahasa Latin “recensio” yang berarti meninjau. Dalam hal ini, tinjauan atas suatu karya memuat kelebihan dan kekurangan serta informasi yang diperoleh dari sebuah karya untuk publik.

Definisi pakar tentang revisi

Untuk lebih memahami apa artinya seorang auditor, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1994: 274), gagasan seorang peninjau adalah revisi nilai sebuah karya atau buku.

2. Yus Rusyana

Menurut Yus Rusyana (1996: 1), arti resensi adalah sebuah artikel tentang buku pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedia, dll. Yang merangkum, menggambarkan, menjelaskan dan mengevaluasi buku.

3. W.J.S. Poerwadarminta

Menurut W.J.S. Poerwadarminta (Romli, 2003: 75), resensi buku adalah pertimbangan atau diskusi tentang buku yang mengevaluasi kekuatan atau kelemahan buku tersebut, tema dan isi buku yang menarik, kritik dan mendorong masyarakat tentang perlunya membaca dan memiliki buku tersebut. buku atau dibeli.

4. Panuti Sudjiman

Menurut Panuti Sudjiman (1984), review adalah diskusi dan evaluasi singkat suatu dokumen. Konteks ini memberikan arti mengevaluasi, mengungkapkan secara singkat, mendiskusikan atau mengkritik sebuah buku.

5. Euis Sulastri

Menurut Euis Sulastri et al., Gagasan peninjau adalah ulasan atau diskusi buku, film atau drama yang biasanya disiarkan melalui media, seperti surat kabar atau majalah.

Baca juga: Teks Keterangan

Elemen dalam ulasan
Auditor terdiri dari beberapa elemen yang saling melengkapi. Unsur-unsur peninjau adalah sebagai berikut:

1. Judul

Auditor harus memiliki judul terkait kontennya. Secara umum judul resensi dibuat menarik sehingga memiliki nilai tambah.

2. Mengatur data

Peninjau yang baik selalu diberikan data pendukung. Misalnya dalam ulasan buku ada beberapa data seperti;

Nama penulis
Editor Buku
Tahun penerbitan buku
Ukuran buku
Harga buku
3. Tinjauan konten

Isi ulasan adalah ulasan singkat atau sinopsis, kekuatan, kelemahan, bahasa yang digunakan dan perumusan struktur suatu karya yang sedang dibahas.

4. Tinjauan akhir

Ulasan penutup umumnya menekankan pentingnya sebuah karya, yang perlu membacanya dan mengapa ia harus memiliki karya tersebut.

 

Tujuan umum dari tinjauan ini
Melakukan review pekerjaan jelas ada tujuan yang ingin dicapai. Mengacu pada pemahaman auditor, beberapa tujuan dari tinjauan tersebut adalah sebagai berikut:

Berikan tinjauan umum dan penilaian umum atas suatu karya sehingga publik memahami informasi dalam karya yang diperiksa.
Untuk mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan pengulas.
Untuk menguji kualitas suatu karya dan membandingkannya dengan karya lain.
Untuk menemukan latar belakang dan alasan melakukan suatu pekerjaan.
Berikan kritik dan saran kepada pencipta suatu karya.
Tinjau struktur teks
Peninjau terdiri dari struktur teks yang saling melengkapi. Struktur teks revisi adalah sebagai berikut:

Identitas, seperti judul buku, nama penulis, penerbit, tahun penerbitan, ketebalan halaman dan ukuran buku. Bagian ini tidak dapat dinyatakan secara langsung, seperti di bagian teks ulasan film dan lagu.
Orientasi, yang merupakan penjelasan tentang kekuatan suatu karya, seperti penghargaan yang diperoleh oleh karya tersebut. Secara umum, orientasi mengacu pada awal paragraf.
Sinopsis, yang merupakan ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis tentang isi suatu karya.
Analisis, artinya penjelasan tentang keberadaan unsur-unsur sejarah, seperti tema, penokohan dan plot.
Evaluasi, yang merupakan penjelasan tentang kekuatan dan kelemahan suatu karya.
Jenis ulasan
Ulasan dapat dibagi menjadi tiga jenis. Namun, seorang auditor dapat menerapkan ketiganya secara bersamaan. Jenis-jenis ulasan adalah sebagai berikut:

Peninjauan informasi, yaitu jenis peninjau yang isinya hanya menjelaskan isi umum suatu karya secara ringkas dan umum.
Ulasan deskriptif, yaitu jenis pengulas yang mengulas suatu pekerjaan secara detail di setiap bagian.
Tinjauan Kritis, jenis pengulas yang isinya kritis, objektif, dan dalam bentuk ulasan terperinci yang menggunakan determin

Sumber : rumusguru