Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komunis

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi KomunisCiri-Ciri Sistem Ekonomi Komunis

            Ekonomi komunis menghapuskan kepilikan pribadi, dan hal ini tidak sesuai dengan tabiat manusia, sebagaimana disadari bahwa dengan menghapus kepemilikan pribadi tidak tertinggal lagi perangsang untuk bekerja keras. Rakyat tidak akan tertarik pada tugas-tugas kolektif, karena mereka sadar bahwa menurut sistem yang berlaku pemerintahlah yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan hidup mereka dan oleh karena itu penambahan usaha dianggap sia-sia, karena usaha-usaha ini tidak menghasilkan tambahan upah bagi mereka.

            Dalam suatu sistem dimana tak seorangpun mempercayai sesuatu nilai selain nilai material kehidupan, mengapa seseorang harus bekerja ekstra keras demi kemakmuran orang lain? Oleh karena itu para pemimpin komunis terpaksa mengubah teori mereka dan harus merasa puas dengan sekedar penerapan nasionalosasi yang terbatas.[4] Ciri- cirinya sebagai berikut:

  1. Semua sumber daya ekonomi dimiliki dan dikuasai oleh negara.
  2. Seluruh kegiatan ekonomi harus diusahakan bersama. Semua perusahaan milik negara sehingga tidak ada perusahaan swasta.
  3. Segala keputusan mengenai jumlah dan jenis barang ditentukan oleh pemerintah.
  4. Harga-harga dan penyaluran barang dikendalikan oleh negara.
  5. Semua warga masyarakat adalah karyawan bagi negara.[5]

Recent Posts

 

Comments are closed.