Cerita Rakyat Asal Mula Selat Bali

Cerita Rakyat Asal Mula Selat Bali

Berikut ini adalah cerita rakyat telaga bidadari yang dapat anda ambil hikmah dibalik cerita tersebut. Alkisah, dahulu hiduplah seorang Brahmana bernama Sidi Mantra. Ia mendapatkan hadiah berupa istri yang cantik dan harta. Mereka dikaruniai seorang anak laki – laki bernaam Manik Angkeran.

Manik angkeran tumbuh menjadi pemuda yang gagah dan pandai. Namun ia menghabiskan harta kekayaan orang tuanya untuk berjudi dan bermain – main. Lalu, ayahnya bertapa. Saat itu tiba – tiba ia mendengar suara untuk pergi ke Gunung Agung menemui Naga Besukih. Ia mengutarakan maksud kedatangannya.

Setelah itu, sang naga keluar dan setelah menggeliat keluar emas di sisiknya. Setelah selesai dan merngucapkan terima kasih maka ayah tersebut pulang ke rumah. Beberapa waktu setelah itu, manik penasaran dari mana ayahnya mendapatkan harta itu. Setelah tau manik pun pergi ke gunung untuk mendapatkan harta dari naga.

Namun, karena keserakahannya ia memotong ekor naga saat naga akan berputar kembali ke sarangnya. Lalu, anaknya terbakar dan mati. Ayahnya pun meminta sang naga untuk menghidupkan anaknya lagi. Naga pun mengabulkannya dengan memberikan sebuah syarat ia mau mengembalikan ekor naga tersebut.

Akhirnya anaknya pun dapat dihidupkan kemabli. Namun, sang ayah tidak ingin tinggal bersama anaknya sehingga anaknya diminta untuk memulai kehidupan baru. Dengan kekuatan yang dimilikinya ayahnya membuat garis pemisah antara dia dan anaknya. Dari situlah muncul air. Itulah asal mula terbentuknya selat Bali.

Baca Juga :