Cara WhatsApp Dark Mode di Web, Aktifkan Tema Gelap

Cara WhatsApp Dark Mode di Web, Aktifkan Tema Gelap

 

Cara WhatsApp Dark Mode di Web, Aktifkan Tema Gelap

Cara WhatsApp Dark Mode di Web, Aktifkan Tema Gelap

WhatsApp belum mengumumkan secara resmi kehadiran dark mode untuk aplikasinya termasuk di platform web. Akan tetapi, untuk WhatsApp Web bisa ‘diakali’ dengan memanfaatkan ekstensi atau add-ons bernama Stylus agar tema gelap di platform ini bisa ‘diaktifkan’.

Cara ini diperkenalkan oleh WA Beta Info, situs web yang kerap membocorkan fitur-fitur baru WhatsApp ketika dalam tahap pengembangan (beta). Mengenai tips WhatsApp dark mode di web ini bisa diterapkan untuk peramban Chrome dan Firefox.

Berikut cara aktifkan dark mode atau tema gelap WhatsApp Web di peramban Chrome dan Firefox:

 

Pastikan peramban Chrome atau Firefox yang digunakan berjalan di versi terbaru. Aktifkan jika belum
Bagi pengguna Chrome, instal ekstensi Stylus melalui Chromew Web Store atau tautan ini, sedangkan pengguna Firefox, instal add-ons tersebut melalui tautan ini
Setelah terpasang, buka situs web WhatsApp di alamat web.whatsapp.com
Setelah terbuka, klik ikon Stylus pada pojok kanan atas yang diwakili oleh logo huruf “S”
Selanjutnya, klik Find Styles dan pilih desain yang tersedia kemudian klik pada desain yang menawarkan tema gelap atau dark mode
Setelah memilih salah satu desain tema gelap, muat ulang WhatsApp Web
Selesai

Saat Tirto mencoba trik di atas melalui peramban Chrome, Stylus menawarkan lebih dari satu dark mode. Satu di antara lainnya yang berbeda hanya variasi warna untuk teks dan tautan. Sisanya, rata-rata menawarkan backgroud warna gelap.

Bagi yang ingin kembali ke tema semula atau mengembalikan ke mode awal, tinggal menghapus Stylus di peramban masing-masing dengan tahapan sebagai berikut:

Buka peramban Chrome atau Firefox
Pengguna Chrome, klik menu di pojok kanan atas bertanda titik tiga baris kemudian klik More Tools > Extensions > lalu cari Stylus kemudian pilih Remove
Penggu Firefox, klik menu di pojok kanan atas bertanda tiga garis berjajar horizontal kemudian klik Add-ons > Extensions > cari Stylus > klik menu titik tiga baris di ektensi itu kemudian pilih Remove
Restart peramban Chrome atau Firefox
Selesai

Sebagai informasi, Stylus tak terafiliasi dengan WhatsApp dan merupakan ekstensi dan adds-on yang memungkinkan

pengguna untuk menginstal tema dan skin di situs web populer termasuk WhatsApp Web.

Ekstensi Stylus cukup populer di Chrome Web Store yang per 7 November 2019 telah diinstal oleh lebih dari 322 ribu pengguna.

Sementara, WhatsApp masih sedang mengembangkan dark mode di aplikasinya yang terkini dalam tahap beta untuk perangkat Android. Artinya, tema gelap bisa ‘dicicipi’ oleh pengguna secara terbatas di versi tertentu.

Baca Juga:

 

 

Comments are closed.