Bolehkah kita tidur setelah berpuasa ?

Setelah memeluk perut dengan makanan yang cepat rusak, beberapa orang beristirahat sebelum akhirnya melanjutkan dengan shalat tarawih. Tetapi tidak dengan orang lain, yang benar-benar tidur karena kantuk karena mereka makan terlalu banyak ketika mereka istirahat dengan cepat. Sebenarnya, tidak bisakah kamu langsung tidur setelah putus dengan cepat? Lihat ulasan lengkapnya di sini.

Bisakah Anda segera tidur setelah putus?
Melampiaskan tenggorokan kering dan gemuruh perut dengan makan banyak makanan dan minuman saat puasa tentu bukan ide yang baik. Selain melakukan perut kembung, seringkali dapat memicu rasa kantuk.

Bolehkah kita tidur setelah berpuasa ?

Jika ini terjadi, pertama-tama Anda harus mempertahankan keinginan Anda untuk tidur. Alasannya adalah bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan setelah memecahnya, sehingga jika Anda langsung tidur itu akan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh. Akhirnya, itu sebenarnya dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda.

mengantuk setelah makan

Dilansir dari laman Healthline, langsung tidur setelah makan saat istirahat cepat sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Ini diperkirakan karena metabolisme tubuh melambat saat Anda tidur sehingga kalori yang masih harus dicerna tertunda dan akhirnya disimpan sebagai lemak.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung, sebaiknya hindari tidur setelah Anda cepat rusak. Sebab, keadaan lambung yang masih penuh dan sedang dalam proses mencerna makanan, tetapi dipaksa untuk berbaring akan membuat asam lambung naik di tenggorokan. Ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology.

Di sisi lain, tidur setelah putus dengan cepat tidak baik untuk penderita asma. Satu studi menemukan bahwa penderita asma yang pergi tidur segera setelah makan menyebabkan peningkatan asam lambung di tenggorokan. Biasanya, kondisi ini akan menyebabkan batuk, mengi dan sesak napas. Para peneliti menyimpulkan bahwa kebiasaan makan sebelum tidur dapat memiliki efek serius, bahkan berpotensi mematikan bagi penderita asma.

Jadi kapan sebaiknya Anda tidur setelah berbuka puasa?

Setelah mengetahui berbagai bahaya tidur segera setelah putus, itu pasti membuat Anda berpikir dua kali untuk melakukannya, bukan? Untuk menghindari risiko kesehatan yang dapat ditimbulkan, Anda harus beristirahat antara waktu makan dan tidur. Umumnya, waktu ideal untuk tidur adalah dua atau tiga jam setelah makan.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kerja sistem pencernaan dalam pengolahan makanan sehingga benar-benar memasuki usus kecil, tempat terakhir dari pengolahan makanan. Inilah sebabnya mengapa proses pencernaan makanan tidak akan berhenti di tengah jalan yang sebenarnya menyebabkan masalah kesehatan dan memungkinkan organ pencernaan beristirahat saat Anda tidur.

Bagaimana mencegah tidur setelah istirahat cepat
olahraga akhir pekan

Nah, jika Anda adalah orang yang mudah tidur setelah putus cinta, beberapa tips berikut dapat membantu Anda mencegah kantuk setelah makan:

Minumlah air yang cukup.
Cobalah untuk memenuhi kebutuhan elektrolitik tubuh.
Hindari makan terlalu banyak setiap kali makan, lebih baik sedikit demi sedikit, tetapi sering.
Cobalah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.
Latihan rutin
Batasi, bahkan hindari konsumsi alkohol.
Kurangi konsumsi kafein.
Makan makanan yang baik untuk mendukung kerja usus, gula darah dan otak, misalnya, yang mengandung karbohidrat dan lemak sehat.

Baca juga: