Berbagai Fungsi Tujuan Organisasi 

Berbagai Fungsi Tujuan Organisasi 

Berbagai Fungsi Tujuan Organisasi

Berbagai Fungsi Tujuan Organisasi 

Berbagai Fungsi Tujuan Organisasi

 

Fungsi Tujuan Organisasi

1. Pedoman bagi kegiatan: memberikan arah mengenai apa yang “harus” dan “harus tidak” dilakukan
2. Sumber legitimasi: merupakan pembenaran atas kegiatan2 yg dilakukan. Pengakuan ini akan meningkatkan kemampuan organisasi untuk mendapatkan sumber daya & dukungan dari lingkungan sekitar
3. Standar pelaksanaan: standar penilaian atas pelaksanaan kegiatan. Laba/derajat kesuksesan juga mudah untuk diukur
4. Sumber motivasi: pemberian bonus bagi prestasi tertentu. Pemberian status dan prestis juga menjadi sumber motivasi
5. Dasar rasional pengorganisasian: struktur organisasi, pola komunikasi, mekanisme pengawasan.

Tipe-tipe Tujuan

1. Tujuan kemasyarakatan: masyarakat pada umumnya. Contoh: memproduksi barang & jasa, mempertahankan pesanan, mengembangkan&memelihara budaya
2. Tujuan keluaran: publik dalam hubungannya dgn organisasi. Contoh: barang konsumen, jasa bisnis, pemeliharaan kesehatan, pendidikan
3. Tujuan sistem: cara pelaksanaan organisasi. Contoh: penekanan pada pertumbuhan, stabilitas, laba, cara-cara pelaksanaan fungsi
4. Tujuan produk: karakteristik produk/jasa yg diproduksi. Contoh: kuantitas/kualitas, gaya, jumlah, keunikan, jenis, pembaharuan produk
5. Tujuan turunan: tujuan digunakan organisasi utk meletakkan kekuasaan dalam pencapaian tujuan lain. Contoh: maksud politik, pengembangan karyawan, kebijaksanaan investasi & lokasi pabrik .

Bidang-bidang Tujuan

1. Posisi pasar: bagian pasar yg akan “direbut”
2. Produktifitas: sumber daya yg diperlukan utk memproduksi barang/jasa
3. Sumber daya fisik&keuangan: bagaimana sumber daya tsb dikembangkan&digunakan
4. Profitabilitas: laba, digunakan utk penelitian, pembaharuan sumber daya, upah karyawan
5. Inovasi: ada kebutuhan utk produk/jasa yg baru & inovatif
6. Prestasi &pengembangan manajer: kualitas manajer yg diharapkan
7. Prestasi & sikap karyawan: standar hasil kerja karyawan, kualitas produk
8. Tanggungjawab sosial&publik: utk menangani ‘boikot’ publik, kegiatan hukum, kegiatan pemerintah
Pengambilan Keputusan.

Proses Pengambilan Keputusan

 Penelitian: mempelajari lingkungan atas kondisi yang memerlukan keputusan. Data mentah diperoleh, diolah, dan diuji untuk dijadikan arah tindakan yang dapat mengidentifikasikan permasalahan
 Desain: mendaftar, mengembangkan, dan menganalisis arah tindakan yang mungkin. Aktivitas ini meliputi proses untuk memahami permasalahan, menghasilkan pemecahan, dan menguji kelayakan pemecahan tersebut
 Pemilihan: menetapkan arah tindakan tertentu dari keseluruhan yang ada. Pilihan ditentukan dan dilaksanakan
 Faktor penting dalam proses pengambilan keputusan adalah permasalahan yang harus dihadapi

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/jaring-jaring-kubus/