Bagaimana stres kronis mengubah otak – dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membalikkan kerusakan

Bagaimana stres kronis mengubah otak – dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membalikkan kerusakan

 

Bagaimana stres kronis mengubah otak - dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membalikkan kerusakan

Bagaimana stres kronis mengubah otak – dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membalikkan kerusakan

Sedikit stres adalah bagian normal dari kehidupan kita sehari-hari, yang bahkan bisa baik bagi kita. Mengatasi peristiwa yang membuat stres dapat membuat kita lebih ulet. Tetapi ketika stresnya parah atau kronis – misalnya disebabkan oleh kehancuran suatu perkawinan atau persekutuan, kematian dalam keluarga atau intimidasi – itu harus segera ditangani.

Itu karena stres yang berulang dapat berdampak besar pada otak kita, menempatkan kita pada risiko sejumlah masalah fisik dan psikologis.
Konferensi TNW Couch

Bergabunglah dengan lokakarya online & diskusi real-time tentang navigasi tahun depan
DAFTAR SEKARANG

Stres berulang adalah pemicu utama peradangan persisten di tubuh. Peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes dan penyakit jantung. Otak biasanya terlindungi dari sirkulasi molekul oleh penghalang darah-otak. Tetapi di bawah tekanan yang berulang, penghalang ini menjadi bocor dan protein peradangan yang bersirkulasi dapat masuk ke otak.

Hippocampus otak adalah wilayah otak yang penting untuk pembelajaran dan memori, dan sangat rentan terhadap penghinaan semacam itu. Studi pada manusia menunjukkan bahwa peradangan dapat mempengaruhi sistem otak yang terkait dengan motivasi dan ketangkasan mental.

Ada juga bukti efek stres kronis pada hormon di otak, termasuk kortisol dan faktor pelepas kortikotropin (CRF). Kadar kortisol yang tinggi dan berkepanjangan telah dikaitkan dengan gangguan suasana hati serta penyusutan hippocampus. Ini juga dapat menyebabkan banyak masalah fisik, termasuk siklus menstruasi yang tidak teratur.
Suasana hati, kognisi, dan perilaku

Sudah dipastikan bahwa stres kronis dapat menyebabkan depresi, yang merupakan penyebab utama kecacatan di

seluruh dunia. Ini juga merupakan kondisi yang berulang – orang yang mengalami depresi berisiko mengalami serangan depresi di masa depan, terutama di bawah tekanan.

Ada banyak alasan untuk ini, dan mereka dapat dikaitkan dengan perubahan di otak. Berkurangnya hippocampus yang disebabkan oleh paparan hormon stres dan peradangan berkelanjutan dapat lebih sering terjadi pada pasien depresi daripada orang sehat.

Stres kronis pada akhirnya juga mengubah bahan kimia di otak yang memodulasi kognisi dan suasana hati, termasuk serotonin. Serotonin penting untuk pengaturan suasana hati dan kesejahteraan. Faktanya, selective serotonin reuptake inhibitor (SSRIs) digunakan untuk mengembalikan aktivitas fungsional serotonin di otak pada orang yang mengalami depresi.

Gangguan tidur dan irama sirkadian adalah fitur umum dalam banyak gangguan kejiwaan, termasuk depresi dan kecemasan. Hormon stres, seperti kortisol, memainkan peran modulasi kunci dalam tidur. Kadar kortisol yang tinggi karenanya dapat mengganggu tidur kita. Pemulihan pola tidur dan ritme sirkadian dapat memberikan pendekatan pengobatan untuk kondisi ini.

Depresi dapat memiliki konsekuensi besar. Pekerjaan kami sendiri telah menunjukkan bahwa depresi merusak kognisi di ranah non-emosional, seperti perencanaan dan penyelesaian masalah, dan bidang emosional dan sosial, seperti menciptakan bias perhatian terhadap informasi negatif.

Terbakar? Hati-hati. Andrey_Popov

Selain depresi dan kecemasan, stres kronis dan dampaknya di tempat kerja dapat menyebabkan gejala kelelahan,

yang juga terkait dengan peningkatan frekuensi kegagalan kognitif dalam kehidupan sehari-hari. Karena individu diharuskan untuk mengambil beban kerja yang meningkat di tempat kerja atau sekolah, hal itu dapat menyebabkan berkurangnya perasaan berprestasi dan meningkatnya kerentanan terhadap kecemasan, menciptakan siklus setan.

Stres juga dapat mengganggu keseimbangan kita antara pemikiran rasional dan emosi. Misalnya, berita penuh tekanan tentang penyebaran global novel Coronavirus telah menyebabkan orang menimbun pembersih tangan, tisu, dan kertas toilet. Toko-toko menjadi kosong dari persediaan ini, meskipun ada jaminan dari pemerintah bahwa ada banyak stok yang tersedia.

Ini karena stres dapat memaksa otak untuk beralih ke “sistem kebiasaan”. Di bawah tekanan, area otak seperti putamen, struktur bundar di dasar otak depan, menunjukkan aktivasi yang lebih besar. Aktivasi semacam itu telah dikaitkan dengan perilaku menimbun. Selain itu, dalam situasi stres, korteks prefrontal ventromedial, yang memainkan peran dalam kognisi emosional – seperti evaluasi afiliasi sosial dan belajar tentang ketakutan – dapat meningkatkan ketakutan irasional. Pada akhirnya, ketakutan ini pada dasarnya mengesampingkan kemampuan otak yang biasa untuk pengambilan keputusan yang dingin dan rasional.
Mengatasi stres

Jadi apa yang harus Anda lakukan jika Anda menderita stres kronis? Untungnya ada cara untuk mengatasinya. Proyek

Foresight Pemerintah Inggris tentang Modal Mental dan Kesejahteraan telah merekomendasikan cara-cara berbasis bukti untuk kesejahteraan mental.

Kita tahu, misalnya, bahwa olahraga telah memberikan manfaat melawan stres kronis. Latihan mengatasi peradangan dengan mengarah pada respons anti-inflamasi. Selain itu, olahraga meningkatkan neurogenesis – produksi sel-sel otak baru – di area-area penting, seperti hippocampus. Ini juga meningkatkan suasana hati Anda, kognisi Anda dan y

Baca Juga:

 

 

Comments are closed.