Bagaimana memilih susu organik untuk anak-anak

Produk berlabel produk organik kini semakin diminati oleh masyarakat karena dianggap lebih alami dan sehat. Tidak hanya kaya akan nutrisi, susu organik juga menawarkan rasa yang menginspirasi selera anak Anda. Namun, agar anak mendapat manfaat optimal, pastikan Anda tidak membeli produk organik dengan sembarangan. Lihat panduan untuk memilih susu bayi organik yang aman dan sesuai dalam ulasan berikut.

Bagaimana memilih susu organik untuk anak-anak

Saat ini ada banyak produk susu yang diberi label organik. Ini pasti akan membuat Anda bingung untuk menentukan mana yang paling tepat. Nah, jadi tidak ada pilihan yang salah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli susu bayi organik.

1. Pilih produk susu organik bersertifikat
Susu UHT adalah

Kadang-kadang membaca label organik pada paket tidak cukup untuk menjamin bahwa produk yang Anda beli adalah alami. Sebab, banyak produsen makanan atau minuman yang mengklaim bahwa asal produk yang mereka jual adalah organik. Bahkan, jangan mengesampingkan kemungkinan saat produk masih menggunakan berbagai bahan kimia tambahan dalam proses pembuatannya.

Jadi pastikan Anda memilih produk susu yang berasal dari produsen makanan organik yang memiliki sertifikat organik dari Lembaga Sertifikasi Organik (LSO). Sertifikasi ini berguna untuk memastikan bahwa prosedur pemeliharaan ternak dan produk-produk susu organik selalu dipantau dan distandarisasi dengan ketat. Hasilnya, produk organik bersertifikat dijamin aman dan sehat.

2. Periksa kandungan nutrisi di dalamnya

susu untuk anak-anak
Sebelum membeli susu organik untuk anak Anda, penting juga untuk memperhatikan nutrisi yang dikandungnya. Pilih susu organik yang mengandung makanan seimbang untuk anak Anda. Beberapa kandungan gizi susu organik yang menawarkan manfaat baik untuk bayi Anda meliputi:

karbohidrat
sepak bola
protein
Asam lemak omega-3
Vitamin E
Vitamin A
Vitamin D
besi
Vitamin B12
antioksidan
Secara umum, susu organik mengandung makanan yang lebih baik daripada susu normal. Ini karena sapi perah penghasil susu diberi makan rumput segar yang bebas dari pupuk kimia dan pestisida. Sapi perah tidak disuntik dengan hormon pertumbuhan dan tidak menerima antibiotik.

Metode ini dilakukan sedemikian rupa sehingga susu yang dihasilkan tidak mengandung residu zat kimia. Karena residu kimia dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Karena itu, Anda tidak perlu ragu memberikan susu organik untuk anak-anak. Alasannya adalah susu organik bebas bahan kimia dan lebih alami.

3. Periksa tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa

Susu organik dan minuman susu sapi normal untuk anak-anak
Selain kandungan nutrisi, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli produk susu organik untuk anak-anak adalah tanggal kedaluwarsa. Tanggal kedaluwarsa adalah batas aman untuk konsumsi produk makanan.

Pada akhir tanggal kedaluwarsa, kualitas minuman atau makanan yang dibeli umumnya menurun. Bisa jadi makanan dan minuman tidak layak dikonsumsi. Ada beberapa istilah yang menunjukkan tanggal kedaluwarsa setiap produk susu.

Tanggal “penjualan oleh” menunjukkan tanggal terakhir di mana produk berada pada tingkat kualitas terbaik. Sementara “digunakan oleh” atau “batas waktu” menunjukkan bahwa tanggal tersebut adalah tanggal terakhir di mana produk harus digunakan. Setelah tanggal ini, kualitas rasa dan konsistensi produk umumnya akan menurun.

Pastikan juga bahwa kemasan produk susu yang Anda beli masih utuh dan masih tersegel sempurna. Kemasan yang rusak dapat memengaruhi kualitas susu organik yang akan diminum anak-anak.

Aturan minum susu organik untuk anak-anak
Pada dasarnya aturan untuk minum susu sapi organik untuk anak-anak sama dengan minum susu sapi normal. Sebelum minum susu jenis ini, pastikan anak Anda berusia di atas 1 tahun dan tidak memiliki intoleransi laktosa.

Pastikan juga anak Anda minum susu ini sesuai dengan kebutuhannya. Jika anak Anda berusia 2-3 tahun, Anda bisa menyediakan hingga 2 cangkir susu organik sehari. Sementara itu, jika anak berusia 4-8 tahun, maka ia dapat minum susu organik hingga 2,5 gelas sehari. Menurut pedoman diet untuk orang Amerika, anak-anak dianjurkan untuk minum susu atau produk susu lainnya hingga 2-3 gelas sehari.

Juga, jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi anak-anak dari bahan makanan utama seperti karbohidrat, .

Baca juga :